Amalan Amalan Utama Di Bulan Ramadhan Selain Berpuasa

#Tags

Bogor, hhalamanbogor.com --  Bulan Ramadan adalah momen untuk pemeluk agama Islam untuk berbuat amal karena di bulan ini berkah dan pahala dilipatgandakan. Tidak hanya dengan berpuasa, ada juga amal ibadah bulan Ramadan yang bisa dilakukan sepanjang bulan kesembilan penanggalan Hijriyah ini.



 Rasulullah SAW pernah bersabda:
"Barangsiapa mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan amalan sunnah pada bulan Ramadhan. Maka (pahalanya) seperti orang yang melakukan amalan fardhu pada bulan lainnya. Dan barangsiapa yang melakukan amalan satu amalan fardhlu di bulan Ramadhan maka (pahalanya) seperti orang yang melakukan 70 amalan fardhu pada bulan lain."


1. Tarawih
Ibadah salat sunah ini hanya dapat dijumpai pada bulan Ramadhan saja. Maka dari itu, menjalani ibadah salat tarawih menjadi salah satu amalan utama yang dianjurkan untuk dilaksanakan bagi setiap muslim.

Meskipun salat tarawih hukumnya sunah, akan tetapi amalan ini menjadi utama karena hanya ada di bulan Ramadhan saja.



2. Tadarus / Membaca Al-Quran
Membaca Al-Quran atau menunaikan tadarus selama bulan Ramadhan, tidak hanya mendapatkan pahala, tetapi juga mampu meningkatkan ketaqwaan dan iman untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Ilustrasi : Membaca Al-Quran. Sumber : masjid-pogung-dalangan/unsplash

"Dahulu Malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah SAW pada setiap malam Ramadhan, dan selanjutnya ia membaca Al-Qur’an bersamanya." (HR Bukhari)


3. Iktikaf
Iktikaf merupakan salah satu amalan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan. Makna dari beriktikaf supaya lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Jadi, biasakan untuk beriktikaf setiap hari pada bulan Ramadhan. utamakan dikerjakan pada 10 hari terakhir Ramadhan, ya.

"Aku pernah melakukan iktikaf pada sepuluh hari Ramadhan yang pertama. Aku berkeinginan mencari malam lailatul qadar pada malam tersebut. Kemudian aku beriktikaf di pertengahan bulan, aku datang dan ada yang mengatakan padaku bahwa Lailatul Qadar itu di sepuluh hari yang terakhir. 'Siapa saja yang ingin beriktikaf di antara kalian, maka beriktikaflah,'. Lalu, di antara para sahabat ada yang beriktikaf bersama beliau.” (HR Bukhari)

4. Bersedekah

Bersedekah sebenarnya dapat dilakukan kapan saja. Namun, memberikan sedekah di bulan Ramadhan akan terasa berbeda karena kamu bisa bersedekah dengan memberikan iftar atau santapan berbuka puasa dan juga sahir kepada orang-orang yang menunaikan ibadah puasa.


5. Memburu malam Lailatul Qadar
Lailatul Qadar menjadi malam yang paling dinantikan bagi setiap umat muslim pada bulan Ramadhan. Lailatul Qadar merupakan malam seribu malam yang datang pada tanggal-tanggal ganjil di 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan. Karena, pada malam Lailatul Qadar, setiap satu amalan yang dikerjakan akan lebih besar dibandingkan malam-malam lainnya di bulan Ramadhan.

6. Perbanyak istighfar
Memperbanyak istighfar pada bulan Ramadhan alias memohon pengampunan kepada Allah SWT dengan tulus pada bulan Ramadhan, inshaallah Allah SWT akan memberikan pengampunan bagi dosa-dosa setiap hamba-Nya.

Jadi, jangan lupa untuk memperbanyak beristighfar, memohon pengampunan, mengakui segala dosa dan tidak mengulanginya lagi.


8. Umrah Bagi Yang Mampu
 Melaksanakan umrah pada bulan suci ini memang akan sangat berbeda dengan umrah yang dijalani pada bulan-bulan biasanya.
Melaksanakan umrah yang dilakukan pada bulan Ramadhan menjadi istimewa karena pahalanya seperti melaksanakan haji.

Namun, dikarenakan Ramadhan 1442 Hijriah ini dunia masih dilanda musibah pandemi COVID-19, amalan ibadah umrah ada baiknya ditunda lebih dulu untuk mengurangi peningkatan jumlah kasus dan supaya lebih memerhatikan kesehatan.

8. Taubat
Meneruskan amalan istigfar, pintu pengampunan selama bulan Ramadan selalu terbuka lebar. Itulah sebabnya banyak orang yang bertubat dan kembali ke fitrah di Bulan Ramadan ini.

9. Dakwah
Berdakwah di Bulan Ramadan memiliki pahala yang besar karena siapapun yang menunjukkan kebaikan, baginya pahala pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya. Dan berdakwah disini tak harus melulu berbicara di masjid.

Kamu bisa melakukannya dalam kegiatan sehari-hari dengan memberikan nasihat kepada teman yang membutuhkan, mengingatkan waktu salat, hingga memberikan contoh-contoh dan teladan untuk melakukan kebaikan.

Nah, itulah sembilan amalan utama yang dapat dilakukan para muslim dan muslimah ketika datangnya bulan Ramadhan. Jadi, jangan hanya memperbanyak amalan wajib saja, kamu juga harus tetap menghidupkan amalan-amalan sunah lainnya.