20 Gambar Bunga , Nama Bunga dan Arti Bunga atau Maksud Makna Bunga

#Tags


Bogor, halamanbogor.com -- Tanaman hias  terutama bunga banyak dibutuhkan dan menjadi bagian dalam kehidupan sosial manusia. Tanaman hias dibutuhkan karena bentuk, warna, manfaat serta makna yang berbeda, bunga kadang menjadi salah satu bagian dari acara-acara penting seperti pernikahan dan upacara wisuda, kadang beberapa diantara mereka memiliki makna yang religius.

Daftar Isi


Tanaman hias, ada yang memiliki bunga, ada pula yang tidak. Bunga atau disebut juga dengan kembang (kata serapan dari bahasa Jawa: ꦏꦼꦩ꧀ꦧꦁ, translit. kêmbang; bahasa Latin: flos) adalah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae, "tumbuhan berbiji tertutup"). Pada bunga terdapat organ reproduksi, yaitu benang sari dan putik. Bentuk dan warnanya yang menarik memang dibuat untuk menarik serangga, sehingga mempermudah penyerbukan.

Sementara oleh manusia, sejak dulu bunga digunakan untuk mengirimkan menyampaikan suatu pesan / maksud, jadi, mereka tidak perlu berbicara untuk mengungkapkan perasaanya karena bunga telah mewakili pesan yang ingin disampaikan, termasuk pesan-pesan yang bermakna positip maupun negatif terhadap seseorang.

Gambar Bunga Yang Cantik, Nama dan Artinya

Ada banyak tanaman hias, dan banyak di antaranya adalah bunga.  Bunga tidak hanya untuk perhiasan, bisa juga untuk menyatakan maksud. Berikut adalah daftar bunga terindah, beserta dengan nama latin, dan arti jika bunga tersebut ingin diberikan untuk orang lain.

1. Bunga Camelia

 
Cek link gambar bunga Camelia HD di Unsplash
Bahasa Inggris : Camellia


Camelia, adalah bunga dengan mahkota berukuran besar dan berlapis-lapis. Ia terdiri dari beragam warna menarik seperti putih, pink, kuning, merah, ungu bahkan ada yang variegata. Jika Anda termasuk pecinta tanaman berdaun hijau dan mengkilap, maka camelia sangat tepat untuk Anda pelihara.

Ada banyak warna yang dimiliki bunga ini tergantung daerah mereka berasal, anda akan menemukan salah satu bunga terindah di dunia ini dengan warna merah, kuning, pink dan warna putih, masing – masing warna pun memiliki makna yang berbeda.

Bunga camelia memiliki banyak arti simbolisme yang unik, jika dilihat dari warna-warnanya antara lain:

  • Bunga Camelia warna putih melambangkan tentang kekaguman seseorang kepada seseorang yang lain.
  • Camelia merah melambangkan tentang cinta, gairah, dan keinginan seseorang yang mendalam.
  • Camelia pink melambangkan tentang kerinduan seseorang kepada orang lain. 


2. Bunga Anemone

Link Gambar dengan kualitas tingga di SINI
 Nama dalam bahasa Inggris : Windflower

Bunga Anemone memiliki warna berbeda-beda, ada yang berwarna putih, biru, pink dan merah, bentuknya seperti cangkir halus dan memiliki 120 Spesies, tanaman ini adalah salah satu tanaman hutan pilihan yang paling banyak orang sukai karena bentuk bunganya yang cantik dan mudah untuk dirangkai.

Arti bunga anemon yang paling penting adalah antisipasi. Ini karena bunga anemon menutup pada malam hari dan membuka kembali di pagi hari. Karena sifatnya yang liar, bunga ini secara khusus melambangkan relaksasi dan berfungsi sebagai pengingat untuk menikmati momen untuk mengambil peluang di waktu yang tepat. Menurut bahasa bunga Victoria, bunga anemon juga menandakan kerapuhan.

Menurut mitologi Yunani dan Kristen, anemon merah melambangkan kematian atau tindakan cinta yang ditinggalkan. Sementara Aphrodite menangis, Adonis menumpahkan darah pada anemon yang berasal dari air matanya dan menodai mereka menjadi merah. Dalam agama Kristen, anemon merah melambangkan darah yang dicurahkan Kristus pada penyaliban.

3. Bunga Garbera

 

Tautan gambar bunga Gerbera kualitas tinggi di SINI

Bunga garbera berasal dari Afrika selatan dan tumbuh subur dengan warna-warna cerah, bunga ini memiliki beberapa makna namun semuanya berhubungan dengan kebahagian, Bunga Garbera memiliki warna-warna indah seperti pink, merah, hijau dan kuning.

Bunga yang sering dijadikan tanaman hias ini juga melambangkan kemurnian, kepolosan, keceriaan dan dipercaya dapat mencerahkan dan mengangkat suasana hati seseorang.

4. Bunga Protea

 

Cek tautan gambar bunga Protea dengan kualitas tinggi di SINI

Bunga Protea adalah salah satu spesies bunga yang berasal dari bahasa Inggris. Protea sendiri diketahui berasal dari Afrika Selatan dan seringkali disebut semak gula atau suiker bos dalam bahasa latin.

Asal muasal nama protea diambil dari nama seorang dewa laut kuno yang bernama Proteus. Dewa ini sangat populer di wilayah Afrika Selatan. Karena itulah kebanyakan orang menganggap kalau bunga ini memang simbol dari Afrika Selatan itu sendiri.

Namun saat ini Protea bisa Anda temukan di banyak tempat. Beberapa riset menemukan kalau Protea juga bisa ditemukan di wilayah Hawaii, Australia, dan India. Di beberapa negara tersebut, Protea sering dipajang dalam acara pernikahan.

Banyak orang memberi arti bunga protea sebagai lambang dari kekuatan, harapan dan optimisme. Filosofi ini juga banyak digunakan oleh para pesohor dunia. Banyak dari mereka yang mengangkat protea sebagai inspirasi.


5. Bunga Asoka

 

Cek link beli gambar bunga Asoka di istock

Bahasa Inggris : Flame of the Woods

Tanaman yang sering dijadikan sebagai salah satu penghijauan ini hanya ada dua jenis di Indonesia yaitu bunga asoka yang tumbuh tinggi dengan merambat serta asoka biasa yang memiliki ranting dan daun yang runcing.

Di India, bunga ini dianggap bunga yang suci oleh umat agama Hindu dan Buddha, mereka beranggapan bahwa penyebar bunga asoka lahir tepat di bawah pohon ini. Nama asoka berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki makna tanpa duka, maka tak heran jika bunga yang satu ini dianggap suci oleh umat agama Hindu dan Buddha.

Bunga asoka memiliki nama latin Saraca Asoca yang terbagi menjadi dua jenis seperti keterangan sebelumnya dengan nama Polyalthia Longifolia (untuk asoka tanpa ranting) dan Polyalthia sp. (Untuk tanaman asoka biasa).

Di Indonesia, bunga ini sering disebut bunga Soka Jawa dan dijadikan tanaman hias bunga untuk menghiasi pekarangan rumah agar terlihat indah.

Bunga ini memiliki berbagai banyak kenangan di masa kecil, dimana bunga ini memiliki rasa yang manis dibagian sarinya dan terkadang bunga atau buahnya dijadikan mainan.

6.  Bunga Bakung / Bunga Lili

 

Cek gambar bunga bakung kuning kualitas tinggi di SINI

Nama lain dalam bahasa Inggris :  Daffodils

Bunga Daffodil atau yang biasa juga disebut bunga Narcissus adalah bunga yang biasanya tumbuh dan ditemukan saat musim semi. Bunga ini memiliki bagian tengah yang terlihat seperti terompet kecil. Umumnya bunga Daffodil memiliki warna kuning, namun beberapa jenis bunga Daffodil juga memiliki warna putih, pink, atau bahkan hijau. Bunga Daffodil biasanya sering dijadikan sebagai tanaman hias atau dirangkai dalam bentuk buket.

Seperti dikutip dari Flower Meaning, bunga Daffodil adalah simbol dari permulaan baru, terlahir kembali, kreatifitas, inspirasi, semangat, kesadaran, ingatan, dan pengampunan. Nama lain bunga Daffodil, Narcissus, diambil dari nama dewa Yunani. Menurut legenda, Narcissus sangat terpikat dengan bayangannya sendiri di sungai, sehingga dia mencoba menangkap bayangannya sampai tenggelam di sungai. Lalu bunga yang tumbuh di sepanjang sungai setelahnya dinamakan Narcissus. Nama Narcissus diambil mungkin dikarenakan keindahan gambar pantulan dari bunga Daffodil di air.


7. Bunga Matahari



Nama dalam bahasa Inggris : Sunflower
Bunga matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar
Bunga matahari berasal dari Amerika dan memiliki berbagai varietas mulai dari yang besar sampai yang kecil, dinamakan bunga matahari, ya, tentu saja bentuknya yang menyerupai matahari, bunga matahari ini memiliki kemampuan untuk menyediakan energi dalam bentuk makanan.

Arti bunga matahari
Bunga matahari juga memiliki beragam makna bagi sejumlah kebudayaan di dunia. Arti bunga matahari pun berbeda-beda di setiap kebudayaan.

  1. Dikutip dari laman Little Flower Hut, arti bunga matahari juga melambangkan umur panjang karena bunga matahari dapat menahan panasnya Matahari.
  2. China: melambangkan keberuntungan sekaligus vitalitas dan kebahagiaan abadi. Dikutip dari laman Interflora, itulah alasan bunga matahari sering diberikan saat kelulusan dan pada awal bisnis baru.
  3. Penduduk asli Amerika : panen yang baik dan keberuntungan. Tetapi biasanya bunga matahari melambangkan harapan, kebahagiaan, energi, keindahan, dan kegembiraan.
  4. Kepercayaan Kristen Kuno, Bunga Matahari diyakini sebagai cerminan kasih Tuhan yang besar kepada umat-Nya.  
  5. Arti bunga matahari untuk pasangan.  : kesetiaan, kekaguman, sikap positif, dan kekuatan

8. Gambar Bunga Aster

Link gambar bunga aster kualitas tinggi di SINI

 Bunga aster merupakan jenis tanaman hias dengan warna-warni bunga menawan. Maka tak heran jika sering digunakan sebagai bunga potong dan hiasan dekorasi beragam acara.  Menurut Gardeningknowhow, aster sangat dihargai karena keindahan di akhir musim. Aster sendiri adalah tanaman yang dapat ditemukan liar di Amerika Utara dan Eropa Selatan, biasa disebut starworts atau frost flowers.


Selain fungsi hiasan, ternyata bunga aster juga diyakini memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk secara alami. Sama seperti bunga lavender, aroma tanaman ini ditemukan sangat tidak menyenangkan untuk nyamuk. Ada pula manfaat lainnya sebagai  obat infeksi pada luka. Teh bunga aster juga bisa untuk mengatasi batuk, bronkitis, gangguan hati, ginjal serta peradangan. Bahkan bunga aster juga dapat digunakan sebagai agen pengering (astringent) dan pembersih darah.

Arti bunga Aster

Bunga Aster melambangkan kemurnian, kesetiaan, kesabaran, juga kesederhanaan

9. Gambar Bunga Hortensia

Gambar bunga hortensia kualitas tinggi di SINI


Bunga hortensia disebut juga bunga Hydrangea memiliki bunga yang berukuran besar, membulat layaknya sanggul dengan warna-warna lembut yang memikat. Warna bunganya beragam seperti merah muda, ungu, biru hingga putih. Uniknya lagi, bunganya bisa berubah warna tergantung dari tingkat keasaman (pH) tanah tempatnya tumbuh.


Tanaman bunga cantik yang satu ini memiliki banyak nama seperti hortensia, kembang bokor, ajisai (Jepang), bunga tiga bulan (Melayu) dan bunga masamba. Jadi jangan heran jika masyarakat setempat di daerah lain menyebut hydrangea dengan nama yang berbeda.

Daun Bunga Hortensia dianggap beracun karena mengandung senyawa glikosida sianogen dan akan melepaskan senyawa hidrogen sianida saat tertelan. Meski demikian, akarnya dapat digunakan dalam pengobatan tradisional yang berfungsi sebagai antioksidan dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

Arti bunga hortensia

Bunga hortensia memiliki simbol sebagai ucapan permintaan maaf.

10. Tanamah Bunga Hias Tercantik  Fritillaria Imperialis

Untuk gambar bunga Fritillaria Imperialis dengan kualitas HD bisa cek di SINI


Bunga Fritillaria imperialis adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga lily Liliaceae, berasal dari dataran tinggi Anatolia Turki, Irak dan Iran hingga Afghanistan, Pakistan, India Utara dan kaki pengunungan Himalaya.

Nama latin yang diberikan untuk tanaman menarik ini pastilah sesuatu yang istimewa, sehingga dijuluki Frittilaria imperialis. Kata Latin "fritilus" berarti "cangkir dadu" mungkin dipilih karena bentuk bunganya. Tanaman itu membawa mahkota daun runcing di atas bunga, dan karena itu nama "imperium", yang berarti kerajaan, dipilih untuk nama kedua, atau nama spesiesnya. Dengan menerjemahkan nama latinnya, orang-orang mulai menyebutnya sebagai Crown Imperial.

Arti Fritillaria Imperialis

Fritillaria merupakan bunga yang mempunyai simbol atau melambangkan keagungan, kebanggaan dan kekuasaan.

11. Gambar Bunga Tulip

Gambar bungaTulip. Bisa unduh di tautan INI

 

Bunga tulip selama ini bisa dibilang identik dengan Belanda, bahkan sempat memiliki harga setara satu unit rumah di Negeri Kincir Angin.  Namun, ternyata tulip justru berasal dari daratan di wilayah Asia Tengah, barulah kemudian dibawa ke Turki, lalu ke Belanda pada sekitar tahun 1560.  Tidak hanya dikenal sebagai salah satu bunga cantik dengan kelopaknya menyerupai cangkir, rupanya tulip sebenarnya bagian dari keluarga lily yang juga termasuk bawang putih, bawang merah, dan asparagus. Oleh karena itu, bagian kelopak bunga tulip pun dapat diolah sebagai pengganti bawang dan membuat anggur. Saat Perang Dunia II, tulip sering dijadikan santapan untuk menahan rasa lapar.

Arti Bunga Tulip
Bunga Tulip memiliki beberapa arti simbol atau makna, tergantung warna, sebagai berikut :

  1. Bunga tulip dengan kelopak putih memiliki arti sebagai permintaan maaf atau pengampunan
  2. Tulip berwarna merah menandakan cinta sejati
  3. Bunga tulip yang berwarna ungu memiliki arti simbol kerajaan


12. Bunga Tercantik Magnolia


 

Memiliki bentuk bunga yang indah dan aroma yang harum, bunga magnolia menjadi salah satu jenis tanaman yang paling cepat berbunga di musim semi. Di daerah asalnya, Amerika Utara, bunga magnolia yang tengah bermekaran dengan warna merah mudanya yang khas, dari kejauhan terlihat mirip dengan pohon bunga sakura di Jepang.

Ukuran pohon magnolia tergantung pada jenis spesiesnya. Spesies dengan ukuran bunga lebih kecil, tinggi pohonnya sekitar 4 meter. Sedangkan spesies yang lebih besar, pohonnya dapat tumbuh hingga 24 meter

Magnolia adalah bunga prasejarah. Fosil yang pernah ditemukan mengungkap bahwa tanaman magnolia setidaknya telah ada sejak 20 juta tahun yang lalu

Arti Bunga Magnolia

Sebenarnya tidak hanya bunga, pohon Magnolia punya makna juga. Dalam aya Cina, pohon magnolia melambangkan kesucian dan kemuliaan. Pohon itu juga dikenal karena kekuatan penyembuhannya karena dalam Pengobatan Tradisional Cina, kulit magnolia digunakan sebagai obat tidur. Di Jepang, bunga magnolia disebut Hanakotoba dalam sistem makna bunga Jepang. Hanakotoba berarti bahwa bunga magnolia mewakili cinta untuk alam, bangsawan, ketekunan, martabat.

Daya tahan dan kekuatan pohon magnolia juga menjadikannya simbol hubungan abadi, itulah sebabnya bunga magnolia menjadi tambahan yang bagus untuk buket pernikahan apa pun.

Masing-masing warna bunga juga memiliki simbolisme tersendiri.

Bunga magnolia putih: kemurnian dan kesempurnaan
Bunga magnolia merah muda: masa muda, kepolosan, dan kegembiraan
Bunga magnolia ungu: semoga sukses dan sehat
Bunga magnolia hijau: kegembiraan, kesehatan, keberuntungan, dan keberuntungan

13. Gambar Bunga Fuschia


Bunga fuchsia adalah bunga yang sangat unik dan eksotis. Terkenal karena warnanya yang cerah, bunga-bunga indah ini menonjol di lanskap apa pun. Mereka berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan biasanya tumbuh di semak atau pohon.

Bunga-bunga yang tumbuh dari tanaman memiliki warna pink tua yang memesona- fuchsia- yang menonjol di antara dedaunan hijau tua mereka. Kelopaknya berbentuk lonceng dan terbuka untuk mengungkapkan warna-warna cemerlang. Meskipun namanya fuchsia, tidak semua bunga berwarna seperti ini. Ada beberapa spesies yang memiliki kelopak ungu, putih, dan merah.

Arti Bunga Fuchsia

Seperti kebanyakan bunga lainnya, fuchsias mewakili simbol berbeda yang membuatnya unik. Bunga ini menunjukkan cinta yang percaya diri. Jadi, umumnya, fuchsias diberikan sebagai cara untuk mengekspresikan kepercayaan Anda kepada seseorang.


14. Tanamah Hias Mirip Bunga – Echevaria

 

Tanaman sukulen, gambar bunga Echevaria. Sumber : istock

Echevaria mirip tanaman kaktus, tapi sebenarnya termasuk tanaman sukulen. Perbedaan lain antara sukulen dan kaktus adalah pada kulitnya. Kaktus cenderung memiliki kulit yang keras dan tebal, serta jarang memiliki daun. Sedangkan sukulen adalah tanaman yang memiliki daun dan menyimpan air di daun, akar, dan batangnya.

Echevaria ini memiliki daun yang berbentuk seperti bunga, itu sebabnya sering disebut bunga juga.

Bunga echeveria sebenarnya bukan diambil dari nama ahli botani dari abad ke-18, Atanasio Echeverria Godoy, tanaman ini berasal dari meksiko dan biasa berkembang di tempat-tempat yang cerah dan terkena sinar matahari secara langsung, tanaman echevaria memiliki ukuran dari satu inci sampai dua kaki.

Arti tanamaan hias Echevaria

Echeveria tidak memiliki arti resmi. Namun mengingat sifatnya yang keras, kami pikir tanaman itu melambangkan ketekunan dan kekuatan, menjadikannya isyarat yang bagus untuk seseorang yang sedang melalui masa-masa sulit.

Namun, Echevaria sama seperti tanaman sukulen memang membawa keberuntungan, kelimpahan, dan kepositifan menurut filosofi Feng Shui. Banyak yang mempraktikkan Feng Shui percaya bahwa memiliki sukulen di rumah dapat membawa kepositifan, kekayaan, dan uang untuk membantu Anda tumbuh dalam hidup.


15. Walpaper Bunga - Marigold

gambar bunga
Gambar bunga cocok untuk walpaper. Bunga Marigold. Kualitas HD cek di SINI


Marigold merupakan salah satu bunga yang paling populer, bunga-bunganya mekar dalam warna yang berbeda seperti emas, orange, putih dan tentu saja kuning.


Marigold merupakan salah satu bunga yang menghiasi perkarangan rumah. Karena memiliki bau yang menyengat, tanaman ini sering disebut bunga tahi ayam. Meski begitu, keindahan bunganya membuat banyak orang tertarik untuk menanamnya di rumah.

Konon, bunga Marigold ini punya banyak manfaat juga, bisa dikonsumsi dalam bentuk teh. manfaatnya antara lain :

  1. Mengatasi masalah pencernaan
  2. Meningkatkan kesehatan mata
  3. Mengatasi demam dan sakit tenggorokan
  4. Mencegah kanker dan melawan radikal bebas
  5. Mengatasi masalah menstruasi dan menopause
  6. Menangkal racun dan bakteri jahat dalam tubuh
  7. Menjaga kelembaban dan kesehatan kulit

Arti dan Makna Bunga Marigold

Marigold sering dikaitkan dengan kekuatan matahari yang kuat dan mewakili kekuatan, kekuatan, dan cahaya yang hidup di dalam diri seseorang. Bunga marigold juga melambangkan perasaan cinta yang putus asa. Jika seseorang telah kehilangan seseorang yang dicintainya, entah itu karena kematian atau putusnya hubungan.

16. Bunga Terindah Ranunculus

Gambar bunga Ranunculus warna kuning. Sumber gambar bunga kualitas tinggi di SINI

 

Bunga Ranunculus merupakan salah satu bunga yang memiliki warna mencolok. Bahkan, berbagai macam warna Ranunculus terkesan sangat mencolok dan menyala seperti kuning, merah muda, putih. Warna-warna cerah ini tentu saja bisa membuat taman Anda menjadi sangat indah.

Ranunculus juga sering disebut dengan persia Ranunculus. Ranunculus menjadi bunga dengan spesies umum. Siapa yang menyangka jika ternyata Ranunculus memiliki lebih dari 700 spesies bunga.

Ranunculus menjadi bunga liar yang umum ditemukan, di beberapa daerah, biasanya Ranunculus dikenal dengan nama buttercup.


Arti dan Makna Pemberian Bunga Ranunculus

Arti bunga Ranunculus memiliki simbol tersendiri. Ranunculus sebenarnya melambangkan daya tarik, pancaran dan pesona.

Oleh sebab itu, jika kekasih Anda memberikan ranunculus, artinya ia terpesona oleh diri Anda. Bahkan, di dalam bahasa Victoria, memberikan Ranunculus berarti ia tertarik dengan wanita tersebut. Ranunculus sendiri merupakan nama dengan kombinasi dari 2 kata latin.

Rana memiliki arti katak sedangkan unculus memiliki arti sedikit. Nama ini disebabkan karena Ranunculus dulunya tumbuh di sepanjang sungai dan memiliki jumlah yang begitu banyak layaknya katak kecil yang ada di musim semi.

17. Bunga Kelelawar Hitam (Black Bat Flower)

 

Gambar bunga Kelelawar Hitam. Tautan gambar bunga lebih tajam di SINI

Bunga kelelawar memiliki nama latin Tacca chantrieri dan umumnya berwarna hitam. Salah satu jenis Bunga Terlangka dan unik ini dapat tumbuh sampai 12 inci. Selain itu ia memiliki ‘kumis-kumis’ yang dapat tumbuh sampai 12 inci seperti pada gambar tumbuhan bunga diatas.

Bunga Kelelawar Hitam adalah tanaman beracun, tetapi ramuan bunganya (diencerkan secara homeopati) memiliki kemampuan detoksifikasi yang luar biasa, menghilangkan rasa takut, takut, khawatir, dan puing-puing emosional.unculus dikenal dengan nama buttercup.

Arti dan Makna Bunga Kelelawar Hitam

Bunga Kelelawar Hitam memberi kita ledakan kekuatan, kepercayaan diri, dan kekuatan untuk mendorong diri kita sendiri ke depan. Kita dapat menggunakan "kegilaan" hidup kita untuk mempromosikan kebaikan, dan membebaskan respons kemarahan awal kita dapat mengarah pada wawasan yang mendalam, menyalurkan energi ke dalam komunikasi, gairah, dan dorongan.

18. Bunga Hias – Petunia


Petunia merupakan salah satu jenis tanaman hias berbunga indah. Bunga petunia ada yang memiliki mahkota tunggal ataupun ganda dan memiliki warna seperti merah, kuning pucat, putih, biru dan juga ungu tua. Bunga cantik ini memiliki cabang yang banyak tapi sangat lemah, Sehingga bunga petunia tidak dapat tumbuh dengan tegak. Bunga Petunia merupakan tumbuhan tropis Amerika Selatan dari keluarga nightshade yang umumnya ditanam sebagai tanaman semusim karena bunganya yang harum, berwarna-warni, berbentuk terompet.

Arti Bunga Petunia

Bunga Petunia merupakan bunga yang tidak boleh diberikan kepada orang lain, karena maknanya sangat buru. Bunga Petunia melambangkan kebencian dan kemarahan. Ini mungkin bunga yang mencolok, tetapi pesannya pasti akan membuat Anda mendapat masalah.

19. Bunga Zinnia

Gambar bunga Zinnia. Cek tautan gambar bunga di SINI

 

Bunga Zinnia merupakan bunga yang sangat sulit mekar. Zinnia adalah tanaman semusim, jadi mereka akan tumbuh selama satu musim untuk menghasilkan bunga dan biji, tetapi tanaman aslinya tidak akan kembali di tahun-tahun berikutnya. Mereka memiliki kepala bunga yang cerah, soliter, seperti bunga aster pada satu batang tegak, yang membuatnya bagus untuk digunakan sebagai bunga potong atau sebagai makanan kupu-kupu.


Makna bunga Zinnia

Bunga innia memiliki banyak arti yang berbeda, biasanya dikaitkan dengan persahabatan, daya tahan,  kebaikan, dan kasih sayang yang langgeng. Pada zaman Victoria,  zinnia adalah pikiran tentang teman yang tidak ada atau teman yang sudah lama tidak Anda temui. 

20. Bunga Kamboja

Cek tautan gambar Bunga kamboja beresolusi besar di SINI

 

Nama dalam bahasa Inggris : Plumier
Bunga Kamboja disebut Plumier dalam bahasa Inggris, berdasarkan nama  Charles Plumier seorang ahli botani berasal dari Prancis. Banyak yang menyangka bunga ini berasal dari Kamboja sesuai dengan namanya, padahal bunga plumeria ini berasal dari negara-negara di Amerika tengah seperti Mexico, Venezuela, Colombia dan Cuba.

Bunga kamboja memiliki wangi yang khas, mahkota bunganya ada yang berwarna putih hingga merah keunguan. Setiap bunga memiliki jumlah kelopak sebanyak 5 helai, namun ada juga yang jumlahnya 4 atau 6 helai. Semua kelopak tersebut berukuran sama dan umumnya bunga ini tumbuh  dengan cara bergerombol di setiap ujung cabang pohon kamboja.

Bunga ini juga berbentuk seperti corong yang tumbuh di bagian ujung ranting. Mahkotanya ada yang berwarna putih dan merah. Untuk varietas bunganya sendiri ada banyak sekali.

Makna Simbol Bunga Kamboja

Di berbagai negara belahan dunia, bunga kamboja memiliki arti dan makna yang berbeda-beda. Seperti dalam agama Hindu, kamboja dapat diartikan sebagai dedikasi dan pengabdian. Sedangkan dalam agama Buddha, bunga ini berarti simbol keabadian. Hal ini juga karena bunga kamboja tidak cepat layu, meskipun pohonnya telah tumbang.

Ada fakta menarik lainnya, bunga ini dapat ditemukan pada kehidupan suku bangsa Maya Kuno yang digunakan sebagai lambang kehidupan dan kelahiran. Sedangkan di beberapa kebudayaan negara di dunia, seperti contohnya Hawaii, bunga ini memiliki makna melambangkan sesuatu yang positif.

Di beberapa daerah di India Selatan, bunga kamboja digunakan dalam pernikahan, bunga ini juga dikenakan pada rambut pengantin wanita. Dalam budaya Cina, bunga kamboja bisa berhubungan dengan cinta. Namun berbeda dengan di Vietnam, bunga ini digunakan untuk obat radang kulit dan sebagai penyembuh.

Selain itu, karena memiliki banyak makna. Biasanya bunga kamboja juga sering ditambahkan dalam sebuah rangkaian buket bunga sebagai pemanis.