12 Tren Busana Lebaran 2022 untuk Wanita dan Pria

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Tradisi saat merayakan hari raya Idul Fitri biasa dilakukan umat muslim di Indonesia dengan bersilaturahmi mendatangi satu per satu kerabat. Umat muslim yang berilaturahmi menggunakan pakaian yang rapi dan sopan. Ada pula yang mencoba berpakaian mengikuti trend namun tetap dalam batasan sopan. salah satu contoh adalah kaftan. Selama beberapa tahun, kaftan menjadi salah satu pakaian yang paling digemari oleh masyarakat di Tanah Air. Bagaimana dengan tahun ini? Agar bisa tampil stylish dan trendy, namun tetap terlihat rapi dan sopan saat hari raya Idul Fitri, cek inspirasi tren fashion lebaran 2022  artikel di bawah ini.

Tren Fashion Lebaran Wanita

Ingin mengenakan budaya yang terkini untuk Lebaran tahun ini! Berikut adalah beberapa model pilihan baju lebaran yang sedang tren untuk para wanita.


1. Gamis Qibota

fashion lebaran 2022, fashion baju lebaran, tren fashion lebaran terbaru
Tokopedia


Pakaian wanita yang berasal dari wilayah Timur Tengah, gamis, berasal dari kata dalam bahasa Arab yaitu qomish yang diartikan sebagai pakaian terusan wanita di mana kain menutup bagian tubuh atas hingga mata kaki dan betis. Pakaian muslimah gamis telah menjadi salah satu standar tren fashion lebaran di setiap tahunnya.

Salah satu jenis yang sangat menarik untuk tahun ini adalah gamis qibota. Menurut pengakuan pedagang di pusat perbelanjaan di kota Jakarta, gamis qibota selalu jadi incaran menjelang lebaran tiba. Hal ini karena karakteristik bahan yang lemas, ringan, dan sejuk dikenakan untuk waktu lama sekalipun. Selain itu, warna-warna pastel yang sangat girly juga membuat gamis qibota begitu diminati.

2. Hijab Gaun Terbuka



Berhijab merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh kaum muslimin. Dimana tujuan dari hijab tersebut menjadikan aurat mereka tertutup. Sehingga, mereka yang mau menutup auratnya tidak akan berdosa. Dalam berhijab pun juga tidak dilakukan sembarangan, apabila aurat masih terlihat maka anda masih belum bisa berhijab dengan benar.

Akan tetapi, kebanyakan orang-orang yang berhijab seringkali bosan dengan tampilan seperti itu saja. Adanya fashion terbaru dalam berbusana muslimah menjadikan pilihan yang tepat untuk anda terapkan. Salah satunya adalah berhijab dengan menggunakan gaun terbuka. Fashion yang satu ini benar-benar mencuri perhatian masyarakat dan banyak sekali wanita yang berpenampilan seperti itu.
 

Model baju hijaub gaun terbuka ini cocoksangat cocok buat anak muda yang ingin tampil kekinian sekalipun berhijab saat  merayakan lebaran.


3. Baju Gamis Syar’i

Toko MD Design

Baju Muslimah model ini merupakan model Layering, cape atau kelelawar yang tentunya masih akan menjadi salah satu trend fashion baju gamis syar’i wanita tahun ini. Model baju gamis wanita ini, sangat sering digunakan dikalangan anak muda ataupun dewasa.


4. Hijab Ala Sivia


 


Perpaduan busana dan outfit memang diperlukan, meskipun nggak mudah, tapi ini bisa bantu kamu untuk menemukan gaya-gaya yang justru menarik.


Buat yang ingin mencoba mendapatkan tampilan berhijab yang kasual, sporty  dan boyish seperti Sivia Azizah, kamu bisa padukan hijab dengan atasan warna yang netral dan sepasang sepatu sneakers akan terlihat oke di tubuh kamu! Untuk kamu yang ingin tampil casual ala Sivia, kamu bisa mulai mencoba rogoh rogoh lemari kamu agar fashion yang ingin coba kamu sampaikan terlihat keren dan menarik.


5. Kaftan Modern

 

Toko  Heart Beads Official

Kaftan adalah salah satu trend fashion Ramadhan yang sempat booming beberapa tahun lalu. Kini trend kaftan akan kembali meramaikan fashion Ramadan. Namun, berbeda dengan kaftan glamour seperti yang dipopulerkan selebriti Syahrini. Kaftan modern yang memiliki tampilan lebih minimalis akan jauh diminati pada bulan Ramadhan kali ini.

6. Hjab dengan Gambar Berpola / Pattern

 

Sumber Baju Muslim Aisha

Dominasi teksil dengan pola-pola yang ramai mulai dari pop-art hingga pola etnik juga kini mulai digemari dan diprediksi akan meramaikan tren busana Ramadan tahun ini. Jika Anda mempunyai tubuh lebar, hindari pola-pola yang berukuran besar, ya. Sebaliknya gunakan pola horizontal untuk memberikan visual yang lebih proposional pada tubuh.

Selain itu ada pula pola yang lebih samar, dengan memberikan pola seperti bordir. 

Sumber : toko

Fashion-bogor


7. Busana Muslim Celana Pararel

Cek di SINI

Celana pararel membuat penampilanmu semakin menarik, kamu bisa memasukan bagian atasnya ke dalam celana dan jilbab. Sehingga tampilanmu akan terlihat sangat sempurna. Dengan model celana pararel yang gombrong, kamu jadi lebih leluasa bergerak. Ditambah lagi model seperti ini membuat kamu terlihat lebih muda.


Tren Busana Lebaran Pria

Selain untuk wanita, trend busana juga terjadi untuk busana yang dikenakan pria. Berikut adalah beberapa pilihan fashion muslim pria yang sedang tren.

 1. Baju Koko Black Panther

Sumber : Toko online VM VanMarvell


Tentunya kamu pasti masih ingat dengan film laga pahlawan super dari Marvel bertajuk Black Panther. Hal yang menarik dari sang pemeran utama, T’Challa, adalah pakaian bangsawan yang ia kenakan semasa ia menjabat sebagai raja Wakanda. Model bajunya adalah baju koko dengan desain unik. Lantas baju koko Wakanda segera menjadi fenomena dan sangat banyak orang yang menjualnya. Baju koko Black Panther bakal menjadi salah satu model baju lebaran yang masih difavoritkan hingga kini.


2. Koko Khas Bordir Panjang


 

Cek harga di SINI

Model koko dewasa satu ini begitu khas dengan bordir di bagian dada, kerah, hingga pergelangan lengan. Cutting-nya didesain panjang sampai lutut sehingga memberikan kesan modern yang begitu etnik. Model koko ini memang identik dengan busana Timur-Tengah. Namun tetap menarik dikenakan di Indonesia dan keren untuk dipakai pada hari raya.


3. Baju Gamis Pria

 

Sumber : Toko Al Razaak Muslim (Bandung)

Model baju gamis juga akan terlihat eye-catching ketika kamu memakai model baju seperti ini yang dipadukan dengan celana cingkrang (di atas mata kaki). Lalu kamu bisa menggunakan sneakers atau sandal hijack. Jika kamu menggunakannya dengan baik dan benar, dijamin deh! Orang orang disekitar kamu bakalan lirik aksespris atau outfit yang Kamu gunakan.

4 Baju Kimono Pria

Sumber : Zaemerci Official


Model baju koko kimono ini, kamu bisa padukan dengan dalaman kaos polos putih dan celana chino warna coklat sehingga memberikan aksen minimalis serta semi formal yang bisa kamu gunakan pada saat hari raya ataupun sehari hari. Dengan motif desain kimono ala jepang, ini akan meningkatkan daya tarik kamu dan akan terlihat fashionable.

5. Baju Koko Tanpa Kerah / Koko Kurta

Sumber : Toko Declothings

Bagi kamu yang ingin tampil elegan dan simpel, baju koko tanpa kerah bisa jadi andalan bagi siapa pun. Modelnya yang mirip kemeja, membuatnya tidak terlalu kaku untuk digunakan pada acara lain selain lebaran.

Baju koko tanpa kerah ini cukup populer, dan kadang disebut juga koko kurta atau baju koko Pakistan. Kurta berasal dari bahasa Urdhu atau Persia, yang berarti pakaian berpotongan kemeja tanpa kerah, dengan panjang selutut. Potongan kurta juga longgar dan lurus dari bahu hingga panggul.