Peluang Usaha Petshop / Pemeliharaan Hewan

#Tags

 Bogor, halamanbogor.com -- Banyak orang yang mempunyai hobi atau kesukaan merawat hewan peliharaannya, malah ada yang lebih mengurus hewan peliharaan daripada diri sendiri. Jika Anda salah satunya, maka And


a termasuk dalam kelompok pecinta hewan peliharaan.



American Pets Product Association mengungkapkan bahwa pemilik hewan peliharaan di Amerika saja menghabiskan lebih dari US$60.28 miliar atau setara dengan Rp860 triliun pada tahun 2015 hanya untuk mengurus hewan peliharaannya. Diperkirakan nilai ini akan terus naik pada setiap tahunnya.

Hal ini terjadi karena sangat banyak pecinta hewan peliharaan yang rela menghabiskan uangnya demi hewan kesayangannya. Mengapa tidak menjadikan sebagai sebuah ide bisnis?
 

Peluang Bisnis Hewan Peliharaan


Seperti telah diungkapkan sebelumnya, nilai yang dihabiskan pemilik hewan peliharaan terus naik setiap tahunnya. Artinya peluang bisnis hewan peliharaan ini juga terus naik seiring waktu. Terbukti bukan hanya bisnis hewan peliharaan saja tetapi bisnis sarana dan prasarana pendukungnya seperti pet shop dan juga dokter hewan pun semakin umum di tengah masyarakat.


Setelah melihat peluang bisnis hewan peliharaan ini, pastinya Anda bertanya-tanya bapa saja yang bisa "dijual" lewat pet shop. berikut beberapa jasa dan produk yang bisa ditawarkan untuk usaha pet shop :
 

1. Penitipan Hewan Peliharaan ( Pet Hotel)

Ternyata kini bukan hanya balita saja loh yang perlu dijaga, tetapi hewan peliharaan juga. Jasa penitipan hewan peliharaan atau disebut juga pet hotel sudah lumayan biasa ditawarkan. Pada musim - musim liburan, banyak keluarga berlibur dan menitipkan hewan kesayangan mereka.

2. Salon Hewan Peliharaan

Siapa bilang hewan peliharaan tidak perlu ke salon? Kini, hewan peliharaan juga punya gayanya sendiri loh! Jasa pet grooming biasanya dapat ditemukan di salon hewan peliharaan, mulai dari memandikan, memotong bulu, menyisir dan merapikan bulu, hingga menggunting kuku hewan kesayangan Anda.

Biasanya jasa pet grooming digunakan oleh pemilik hewan peliharaan yang senang melihat hewannya bersih, rapi, dan sehat.  Bahkan jasa ini juga kerap digunakan oleh mereka yang ingin mendaftarkan hewan kesayangannya dalam lomba.

Namun, dibutuhkan training dan pengalaman dalam menjadi pet groomer, karena jika tidak Anda bisa melukai hewan peliharaan tersebut. Bahkan beberapa negara mewajibkan pet groomer untuk memiliki lisensi resmi jika ingin membuka jasa pet grooming.

Kini salon hewan peliharaan bukan berarti Anda harus memiliki tempat usaha, Anda juga bisa membuka jasa pet grooming online, dimana Anda yang akan mendatangi rumah pemilik hewan peliharaan tersebut.

 

3. Penjual Pakan Hewan Peliharaan dan Aksesoris Hewan Peliharaan

Seperti hasil riset American Pets Product Association yang telah diungkapkan sebelumnya, pecinta hewan peliharaan sangat menyayangi hewannya dan rela mengeluarkan uang banyak demi hewan peliharaannya.

Dengan demikian, ini bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Anda bisa membuka toko kebutuhan hewan peliharaan, misalnya saja makanannya, pakaiannya, tali kekangnya, hingga mainan dan kandangnya.

Anda bisa membeli produk jadi lalu menjualnya, atau Anda juga bisa memproduksi sendiri menggunakan pengetahuan Anda tentang hewan peliharaan.

Anda juga bisa melakukannya secara online, dengan membuka online shop yang bisa dihubungi via situs jual beli atau media sosial. Manfaatkan teknologi dalam berbisnis agar Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal.

Tetapi lagi-lagi biasanya ada peraturan dan ketentuan pemerintah yang mengatur regulasi seputar penjualan makanan hewan peliharaan.

Sehingga Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu tentang ini sebelum membuka toko makanan hewan peliharaan.



Cara mendirikan pet shop

1. Siapkan Modal

Hal pertama yang menjadi perhatian utama adalah modal. Modal utama dari pet shop berkisar sekitar Rp12 juta. Ini hanya untuk kebutuhan pet shop, belum termasuk sewa tempat dan lain-lain. Modal Rp 12 juta ini terbagi menjadi beberapa bagian, berikut contoh:
- Untuk pembelian kandang dengan berbagai ukuran Rp3 juta
- Variasi makanan anjing dan kucing Rp6 juta
- Vitamin juga shampo serta obat Rp2 juta dan
- Aksesoris hewan Rp1 juta.


Peluang Omzet Asumsikan setiap harinya ada 4 hewan yang dititipkan di toko, dengan biaya penitipan per ekor adalah Rp50 ribu per harinya.

Maka keuntungan per bulan di jasa penitipan pet shop bisa mencapai Rp6 juta.

Kemudian juga, asumsikan dalam satu bulan berhasil mendatangkan pelanggan salon 90 ekor hewan dengan biaya salon per ekor adalah Rp70 ribu. Maka keuntungan jasa salon Rp6.3 juta.

Lalu, karena pet shop cukup ramai, berimbas pula dengan penjualan makanan dan aksesoris yang mencapai Rp3 juta.

Jadi, dalam waktu satu bulan,  omset yang didapat dari bisnis pet shop bisa mencapai Rp15,3 juta.

2. Lokasi dan Tentukan Layanan

Pilihlah ruko atau lokasi  yang berdekatan dengan jalan raya. Ini akan memudahkan pelanggan untuk datang ke pet shop. Akses yang mudah umumnya lebih disukai pelanggan. Namun memiliki layanan yang lebih lengkap juga menjadi pertimbangan. Tambahan layanan seperti  salon, tempat penitipan, jual beli hewan, jual aksesoris dan lainnya, tentu saja menambah pemasukan. Ketika fasilitas lengkap, maka pelanggan tidak akan mencoba pet shop lain, dan akan setia dengan pet shop yang sudah pernah dikunjungi.

3. Urus Perizinan

Kemudian, segera urus izin lingkungan. Tidak semua orang senang hidup berdekatan dengan hewan. Ini untuk menghindari permasalahan dengan warga sekitar. Dengan mengantongi izin, pelaku bisnis menunjukkan komitmen kebersihan dan keamanan di pet shop miliknya.

4. Dekati komunitas hewan di lingkungan sekitar.

Menjalin kerja sama atau sekadar berhubungan tentu tak ada salahnya. Bukan tidak mungkin, ketika ada anggota baru, nantinya komunitas akan merekomendasikan di pet shop milik Anda.


Mendulang omzet besar bukan rahasia umum lagi di bidang , pemilik hewan peliharaan terkenal tidak pelit dalam memanjakan hewan peliharaannya. Maka tak mengherankan jika keuntungan para pelaku pet shop sangat menjanjikan.



Setelah melihat beberapa beberapa poin di atas,, apakah Anda sudah membayangkan bisnis  pet shop bagaimana? Tapi, apapun jenis bisnisnya, lakukan perencanaan yang baik dan menyeluruh agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.