Surat Pengalaman Kerja / Surat Paklaring : Arti, Fungsi, dan Contoh

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Bila kamu telah berpengalaman di dunia kerja, pasti kamu tidak asing dengan tipe surat satu ini. Surat pengalaman kerja atau paklaring umumnya disertakan oleh beberapa pencari pekerjaan supaya resume dan CV terlihat lebih memberikan keyakinan saat mereka melamar pada karier baru. Disamping itu, surat ini diperlukan bila kamu ingin lakukan pencairan BPJS-Ketenagakerjaan.

Walau termasuk sebagai surat yang terbanyak dibuat leh karyawan, cukup banyak yang belum pahami pola surat atau beragam peranan lain dari surat ini.

Selainnya bermanfaat untuk memperlancar proses tugas dan cairkan BPJS-TK, paklaring bisa juga disertakan dalam lamaran beasiswa professional, sampai pengajuan kredit pinjaman di instansi keuangan.

Surat pengalaman kerja umumnya dibuatkan  oleh perusahaan atau pihak personalia atau HRD dari tempatmu bekerja. Karenanya, saat sebelum memilih untuk beralih karier atau tempat kerja, janganlah lupa untuk membuat surat ini.

Apa itu surat pengalaman kerja / paklaring ?

Surat pengalaman kerja ialah berkas yang memperlihatkan jika seorang pernah mempunyai pengalaman bekerja pada suatu perusahaan di status tertentu. Isi pada document itu menerangkan mengenai tingkatan profesi, dimulai dari awalnya periode bekerja sampai periode akhir kerja.

Biasanya, surat ini dipakai sebagai persyaratan tambahan arsip atau document saat mendaftarkan atau melamar kerja di perusahaan baru. Bahkan juga, beberapa perusahaan rintisan jadikan surat ini sebagai persyaratan untuk calon karyawan saat melamar kerja untuk memperlihatkan bukti pernah bekerja.

Syarat Mendapatkan Surat Pengalaman Kerja / Surat Paklaring

Saat sebelum mengeluarkan surat paklaring, beberapa persyaratan berikut perlu dipenuhi dengan pegawai yang hendak membuat paklaring:

  1. Resign atau mengundurkan diri secara baik. pastikan untuk akhiri periode kerja dengan kesan-kesan yang positif supaya bisa mendapat dokumen ini.
  2. Lama kerja minimum setahun. Biasanya, untuk dapat mendapat berkas surat pengalaman kerja, pegawai harus mempunyai periode kontrak kerja sedikitnya satu tahun pada sebuah perusahaan .
  3. Sudah penuhi semua kewajiban kerja.  Jika sudah memenuhi dan menuntaskan persyaratan dan kewajiban kerja, pegawai bisa memberikan kesan yang bagus pada perusahaan yang ditinggalnya. Dan tentu saja, surat pengalaman kerja dengan ulasan positif juga semakin lebih gampang didapat.




Fungsi Surat Paklaring / Surat Pengalaman Kerja

Sama seperti yang diterangkan di atas, surat ini tidak hanya untuk mempermulus prosesmu melamar kerja baru. Berkas  ini dapat dipakai untuk beragam kepentingan, seumpama:

  1. Mengurus pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan. Supaya lebih mudah pengurusannya, surat paklaring yang telah dilegalisir sebagai pengganti surat keterangan bekerja.
  2. Melamar pekerjaan selanjutnya. Walaupun  tidak semua  membutuhkan dokumen semacam ini, tetapi jika kamu melamar untuk posisi supervisor, kamu tampaknya akan memerlukan surat paklaring ini. Karena itu, jangan hilangkan kesempatan kerja di jabatan yang tinggi hanya karena tidak memiliki surat paklaring.
  3. Memperoleh beasiswa melalui jalur profesional. Surat pengalaman kerja konon bisa mempermulus kesempatanmu untuk memperoleh beasiswa melalui jalur profesional. Bahkan, calon penerima beasiswa juga bisa mengurus untuk penerbitan surat rekomendasi dari atasan.
  4. Mengajukan pinjaman bank dan kartu kredit. Surat paklaring dapat menjadi bukti calon debitur memiliki penghasilan tetap dengan nominal tertentu. Ini juga berlaku bila kamu ingin mengajukan kartu kredit. Bank dapat mengetahui kemampuan finansialmu dengan melihat surat paklaring tersebut.


Hal Yang Harus Ada di Surat Pengalaman Kerja / Paklaring

Surat pengalaman kerja atau paklaring dibikin oleh perusahaan lewat personalia, tidak oleh pegawai sendiri. Berikut beberapa hal yang penting jadi perhatian:

  1. Data diri pekerja bersangkutan dituliskan dengan jelas, termasuk pencantuman posisi karyawan di perusahaan
  2. Informasi berapa lama pekerja bekerja di perusahaan
  3. Mencantumkan keterangan tentang kelebihan, kinerja, dan prestasi karyawan secara jelas


Berikut ini standar struktur surat pengalaman kerja:

  1. Bagian kepala surat. Dalam surat, bagian ini berisi identitas lembaga atau institusi, logo atau alamat, nomor telepon, dan alamat surel.
  2. Bagian badan surat. Pada badan surat, isikan keterangan berikut ini: judul dan nomor surat, identitas pihak yang memberikan keterangan, identitas orang yang meminta keterangan, penjelasan atau keterangan pengalaman.
  3. Bagian penutup. Bagian personalia perusahaan perlu memberikan keterangan pengalaman kerja ini dengan dibubuhi tanda tangan dan stempel perusahaan.



Contoh Surat Pengalaman Kerja / Surat Paklaring




PT….

Jl….

No Telp….




Surat Pengalaman Kerja

No….



Yang bertanda tangan berikut ini:



Nama                      :

Kedudukan             :

Menyatakan bahwa    :

Nama :

Jabatan :

benar sebagai karyawan PT … semenjak …. s/d ….. Dengan jabatan terakhir  sebagai …...

Dalam kurun waktu …., prestasi ….. (nama karyawan) sangat memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan dedikasi dan tanggung jawab dalam menerima tugas. Kami berharap … (nama karyawan) dapat menemukan kesuksesannya di kemudian hari.

Demikian surat pengalaman kerja ini dibuat dengan sebenarnya, untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

….. , …..

Kepala HRD,

 

……………...