Serba-Serbi Pengguna TikTok Indonesia -- Bisa Jadi Ladang Bisnis Yang Bikin Kamu Cuan -- Yuk Gabung Tiktok!

#Tags

Saat, ini Facebook dan kawan-kawan di meta punya saingan baru. Yup, TikTok digadangkan sebagai sosial media yang terbanyak pemakainya di dunia. Dikutip dari App Annie app pemakai behavior analysis, jumlah pemakai TikTok di dunia capai sampai 1,2 miliar pemakai aktif sejauh kwartal tiga tahun 2021 dan jadikan TikTok sebagai program yang tersering dipakai oleh warga dunia.



Indonesia menjadi negara nomor 2 dengan pengguna tiktok terbanyak

Rutinitas Pemakai TikTok

Mungkin, banyak yang bingung, dan bertanya-tanya. Sebetulnya, apa yang membuat TikTok jadi sosmed paling digemari saat ini di dunia? Kebanyakan bukannya joget-joget saja. Hei, jangan salah. joget-joget itu hanya sebagian kecil. Kalau kamu mengatur Tiktok kamu dengan benar, maka banyak hal yang bisa didapatkan dari Tiktok. 

Memang apa yang sudah dilakukan oleh pemakai Tik Tok? 

Berdasarkan survey online perilaku pengguna dari program TikTok, 95% nya ialah melihat video dari FYP (video yang muncul di akun pengguna secara otomatis) , sekitar 66% pemakai menyenangi video TikTok, dan 24% yang lain membagi video TikTok.

Demografi Pemakai TikTok Indonesia

Nach, jika barusan ialah rutinitas pemakai TikTok di dunia 2021, jika pemakai TikTok Indonesia, bagaimana datanya ya? Yok, baca datanya berikut ini.

1. Lokasi pengguna Tiktok terbanyak di Indonesia

Sumber : ginee(dot)com

 Dari data pemakai TikTok di Indonesia 2021, pemakai TikTok paling banyak di Indonesia ialah warga Jakarta dengan keseluruhan 22%. Diikuti oleh Jawa Timur dengan prosentase 18% dan Jawa Barat dalam jumlah pemakai TikTok Indonesia  sekitar 13%.

2. Umur Pengguna Tiktok di Indonesia

Umur pemakai TikTok di Indonesia ialah rerata 18-24 tahun dengan prosentase 40%. Sementara umur 25-34 tahun, 37% salah satunya masih tetap terhubung TikTok. Dengan begitu, ada sekitar 76% warga Indonesia berumur 18-34 tahun yang terhubung TikTok.


 

3. Perbandingan Gender Pengguna Tiktok di Indonesia

Perbedaan gender di antara pemakai lelaki dan wanita ialah 68:32 yang di mana pemakai pemakai sejenis kelamin wanita ialah pemakai TikTok paling banyak.

4. Perbandingan Gender Pengguna Tiktok di Indonesia

Perbandingan gender antara pengguna laki-laki dan perempuan adalah 68:32 yang di mana pengguna pengguna berjenis kelamin perempuan adalah pengguna TikTok terbanyak di Indonesia.  Ini sangat menjanjikan sekali ya kalau usaha kamu menyasar pada kebutuhan perempuan dan keluarga. 

5.  Status Pekerjaan Pengguna Tiktok di Indonesia

Data pemakai TikTok di Indonesia 2021 memperlihatkan jika 69% pemakai TikTok ialah beberapa karyawan, 49% salah satunya dengan status menikah, dan ada sekitar 51% pemakai yang disebut beberapa orang-tua. 

Nach, untuk status kerjanya, ada sekitar 35,7% pemakai yang disebut beberapa karyawan masih tetap dan diikuti oleh beberapa freelancer sekitar 21,1% pemakai.


6. Penghasilan Rumah Tangga Pengguna Tiktok di Indonesia

Untuk Anda yang ingin mengawali usaha di TikTok Shop, Anda harus tahu, nih, kesempatan dan keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan kontribusi data di atas. 

  • Ada 92% pemakai TikTok yang mempunyai minimal satu mobil
  • 65% Pemakai Tiktok mempunyai minimal satu property
  • 35% Salah satunya mempunyai kartu credit.

7. Kelas sosial berdasarkan penghasilan rumah Tangga tahunan pemakai TikTok

Pengelompokkan penghasilan rumah tangga tahunan pemakai TikTok kelihatan ada sekitar 44,1% pemakai di kelas menengah ke atas, diikuti oleh pemakai menengah ke bawah dengan prosentase 38,8% dan dituruti oleh kelompok menengah ke atas dengan prosentase 9,5%. 

8.  Produk Paling Banyak dibeli Pengguna Tiktok Indonesia

Anda ingin berjualan di TikTok Shop tetapi tidak tahu ingin berjualan apa? Coba cek data berikut :

  • Ada 60% pemakai TikTok yang ingin beli Earphone/Headset dalam 3-6 bulan di depan. 
  • Ada 57% pemakai merencanakan untuk beli arloji
  • Ada  53% pemakai yang ingin beli dompet . 

Maka, jika Anda ingin berjualan, Anda dapat menjadikan beberapa produk itu sebagai rekomendasi.

Jika Anda ingin mempunyai TikTok Shop yang laris keras atau ingin ketahui cara mendaftar TikTok Shop, Anda dapat samakan sasaran pasar Anda dengan data di atas.

TikTok Untuk Usaha ?

Semenjak data pemakai TikTok di Indonesia 2020 luncurkan, jumlah pemakai Tik Tok di Indonesia makin bertambah tiap tahunnya. Bukti ini jadikan Indonesia sebagai salah satunya negara pemakai TikTok paling banyak 2021. Nach, dalam sisi usaha, pemakai TikTok Indonesia yang sangat banyak dapat, lho, jadi kesempatan usaha yang cuan sekali!

Dalam jumlah pemakai yang banyak sekali dan sejumlah fitur usaha seperti TikTok Shop dan TikTok Ads, Anda dapat secara mudah mengawali usaha yang pasti akan buat cuan ngalir terus!

Namun, Jika Anda belum pernah install Tiktok sama sekali, sebelum memutuskan untuk membuka lapak online berbasis Tiktok, ada baiknya jadi pengguna biasa dulu untuk melihat apa saja yang bisa dimanfaatkan dan strategi yang sudah masuk duluan.