Cara Mengatasi Telepon WhatsApp Tidak Ada Suara

#Tags

 Aplikasi komunikasi seperti WhatsApp Messenger  (WA) tidak cuman dipercaya jadi tempat pengirim pesan, dan juga untuk mengerjakan panggilan telpon dan pesan suara.  Telpon melalui WhatsApp atau WhatsApp call banyak pula dipilih orang ketimbang telpon biasa yang perlu pulsa.

Meski begitu, ada waktunya pemakai mmendapatkan kendala saat telpon melalui WhatsApp, antara lainnya tidak keluar suara saat terima panggilan masuk.Hal itu dapat diakibatkan beberapa alasan, baik dari masalah jaringan, elemen speaker atau mikrofonnya, atau masalah sistem.

Teknik menyelesaikan telpon WhatsApp tidak ada suara saat memperoleh panggilan masuk
Ilustrasi WhatsApp. Sumber :
 Anton from Pexels

Dengan mengenal teknik menyelesaikan masalah telpon WhatsApp tidak ada suara ini, Anda dapat cari tahu letak soal dan penyelesaiannya maka dari itu panggilan telpon WA dapat normal kembali.

1. Yakinkan jaringan internet konstan / stabil


WhatsApp perlu jaringan internet untuk berkirim pesan dan mengerjakan panggilan telpon.

Terlebih untuk telpon, WhatsApp perlu jaringan internet stabil atau sekurang-kurangnya sambungan 3G kalau gunakan data internet.

Saat WhatsApp tidak ada suara saat telpon, cek dulu apa jaringan internet--wifi atau data selulernya-- terhubung dan sinyalnya bagus. Apabila memang perlu, matikan sebentar dan aktifkan kembali internetnya.


2. Tukar jaringan

Kalau jaringan yang Anda pakai mempunyai masalah, coba koneksikan ke jaringan lain. Umpamanya Anda menghidupkan data gadget dan hubungannya mempunyai masalah, alihkan ke jaringan wifi. Begitu juga kebalikannya.


3. Re-start telpon seluler


Teknik menyelesaikan telpon WhatsApp tidak ada suara yang paling gampang merupakan merestart telpon seluler.

Matikan feature dan nantikan 10-20 detik, lantas nyalakan kembali. Anda juga dapat gunakan pilihan re-start kalau ada di telpon seluler Anda.


4. Matikan bluetooth

Kadang-kadang, bluetooth bisa bikin suara pada telpon WhatsApp jadi terputus-putus juga tidak ada. Bila terlebih awal kalinya Anda menautkan telpon seluler ke headphone nirkabel atau speaker bluetooth.

Tiada kelirunya periksa bluetooth dan non-aktifkan sekejap untuk menyelesaikan soal telpon WhatsApp tidak ada suara.


5. Mengatur ulangi ijin akses atau App Permission WhatsApp

Teknik yang lain dapat dijalankan merupakan melihat ulang kembali ijin atau permission untuk panggilan WhatsApp. Cek apa telpon seluler Anda udah berikan akses menghidupkan mikrofon dan ijin yang lain yang berkaitan dengan panggilan telpon dan suara.

Untuk melaksanakannya, membuka Settings di telpon seluler, lantas membuka Apps serta Notification lalu putuskan WhatsApp. Sesudah itu, ketok Permission lalu aktifkan ijin Kamera and Microphone.


6. Membersihkan cache

Cache yang penuh bisa sebabkan aplikasi error. Untuk menyelesaikannya, membersihkan cache pada WhatsApp.
Hapus cache tak kan hapus data apa saja dari telpon seluler. Untuk hapus cache WhatsAp:

  1. Buka Settings di telpon seluler
  2. Buka  Apps
  3. Buka Notification
  4. Pilih WhatsApp
  5. Klik Storage usage, lalu Clear cache.



7. Perbaiki WhatsApp

Mengupdate ke versus terakhir rata-rata bisa membetulkan soal atau bug yang terdapat di terapan. Caranya, buka WhatsApp di Google PlayStore (Android) atau App Toko (iPhone) untuk memperbaharui WA ke versus terakhir.

Tapi kalau teknik menyelesaikan telpon WhatsApp tidak ada suara dengan up-date palikasi tidak menyelesaikan masalah,  maka pilihan terakhir adalah install ulang Whatsapp.