CARA MEMILIH KOMPOR GAS

#Tags

 Bogor, halamanbogor.com -- Kompor merupakan sebuah kata yang artinya adalah adalah perapian untuk memasak yang menggunakan minyak tanah, gas, atau listrik sebagai bahan bakar. Kata ini diadopsi dari bahasa Belanda, komfoor.

Salah satu jenis kompor yang digunakan adalah kompor gas. Kompor gas adalah kompor yang berbahan bakar gas yang mudah terbakar, umumnya di Indonesia menggunakan LPG dan gas alam cair (LNG). Sebelum munculnya kompor gas, kompor masak sebagian besar rmenggunakan minyak tanah dan kayu bakar. Sejak konversi bahan bakar dari mintak tanah ke LPG secara besar-besaran pada masa Presiden SBY - Jusuf Kalla, kini kompor gas LPG lebih banyak digunakan. 


Umumnya, gas LPG disediakan dalam kemasan tabung 3 kg (subsidi), 5,5 kg, 12 kg. Sementara gas LNG disalurkan ke pelanggan dengan saluran pipa seperti saluran air bersih dari PDAM.

Setelah bertahun-tahun, kini orang akan bertanya :
1. Kompor gas yang bagus merk apa?
2. Kompor gas harganya berapa?
3. Berapa harga kompor gas 1 tungku?
4. Regulator kompor gas yang bagus apa ya ?
5. Harga regulator kompor gas berapa


Artikel di bawah ini akan membahas jawaban untuk pertanyaan no 1 s.d 3. Pertanyaan untuk no 4 dan 5 akan dibahas di artikel lain.


 CARA MEMILIH KOMPOR GAS . Sumber : KWON JUNHO on Unsplash

Cara memilih Kompor GAS

Sebelum beralih ke soal merek, harap dipastikan dulu, jenis kompor gas yang ingin dibeli. Nah, supaya tidak bingung,
berikut panduan yang bisa jadi pertimbangan sebelum menentukan jenis kompor gas.

1. Jenis gas
Seperti disebutkan di atas, ada 2 jenis gas. Sesuaikan dengan jenis gas yang Anda pakai.

2. Jumlah tungku yang dibutuhkan
Jika direncanakan sering memasak, maka haruslah kompor yang mempunyai tungku lebih dari satu. Jika tidak, maka proses memasak akan sangat lama, karena harus menunggu beberapa proses masak. Setidaknya belilah kompor minimal 2 tungku, jika sering memasak.

3. Ukuran kompor
Ada berbagai macam jenis kompor gas 1 tungku, 2 tungku, 3 tungku, namun ukurannya berbeda -  beda tergantung merek dan model. Pastikan bahwa kompor yang akan dibeli setidaknya muat di atas alas meja kompor di dapur.


4. Cara Operasi
Ada 2 jenis pengapian pada kompor, yaitu : tombol dan knob. Jika ada anak-anak di rumah, maka sangat disarankan memilih model knob, meski tidak sepraktis model tombol, namun sangat bagus dari segi keamanan.

Berbeda dengan model tombol, dimana pengapian bisa langsung menyala dengan 1 sentuhan, knob membutuhkan langkah menekan dan memutar knob bersamaan.

5. Material
Umumnya kompor gas di pasaran tersedia untuk 2 jenis material body :
- Stainless steel
- Steel dilapisi coating

Permukaan kompor gas selain 2 material di atas, ada yang dilapisi kaca tempered glass. Material tempered bersifat isolator terhadap panas dan juga membuat tampilan kompor gas juga lebih mewah dan modern.

6. Tanam Atau Di Atas Meja  Atau Standing

Berdasarkan letak dan posisi, kompor dibagi 3 jenis:

a. Kompor tanam 


 
Kompor gas tanam adalah sebuah desain kompor dimana pemasangannya wajib ditanam diatas meja, dengan cara memotong sebagian tempat pada meja untuk diletakan kompor tanamnya. Hal ini akan memberikan kesan kompor yang lebih rapih dan tidak terlalu memakan tempat.

b. Kompor Di Atas Meja


 
Kompor gas di atas meja (table top cookware) table top cooker yaitu kompor yang cukup umum,  dimana pemasangan kompor gas  ditempatkan di atas  meja. 

c. Kompor Gas Free Standing

 

Kompor gas freestanding adalah penggabungan antara kompor dan oven dalam satu unit. Kompor freestanding memadukan antara kompor dan alat memanggang dalam waktu bersamaan. Misal, di atas kompor, bagian bawah adalah alat panggang. Harganya pun cukup mahal.

7. Fitur Tambahan
Di pasaran ada beberapa fitur tambahan yang ada diberikan seperti :
- dilengkapi pemanggang
- dilengkapi timer
- dilengkapi sensor keamanan
Fitur-fitur tersebut ada yang ditambahkan salah satu, kombinasi 1 -2 fitur atau semuanya. Sesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda.


Kompor gas yang bagus merk apa?


Ada beberapa produen kompor gas yang cukup populer dan sudah bertahun-tahun berada di bidang kompor gas. Mulai dari Rinnai, Miyako, Hock,  Quantum, Sanken, Arista, Winn Gas, Modena, Progas Electrolux dan Zeppelin. 

Sesuaikan kebutuhan Anda dengan fitur dan spesifikasi pada setiap merk kompor gas seperti yang disebutkan di atas. Selain fitur, tentu penting pula menyesuaikan budget. Misalnya jika ingin kompor gas tungku 1 yang akan dipakai untuk peralatan masak nge-kost, tentu tidak butuh kompor gas yang terlalu mahal. 

Selain itu ada pula merk kompor gas seperti Electrolux yang tidak menjual kompor gas 1 tungku. Sesuai namanya, merk ini memang menjual produk dengan harga "lux" dan tentu saja awet yang menjadi daya tarik semua produknya.

Untuk itu, kami akan menyediakan informasi untuk daftar produk kompos gas berdasarkan kriteria yang dituliskan di atas. 

 1.  10 KOMPOR GAS 1 TUNGKU COCOK UNTUK  ANAK KOST