9 Alasan Kenapa Pelaku Usaha Harus Membuat Website

#Tags

 Saat ini mencari penghasilan secara online merupakan sudah menjadi kebiasaan. Hal yang belum tentu terpikirkan setidaknya 5-10 tahun yang lalu. Asal ada niat, dan usaha, mudah saja meletakkan foto barang di platform marketplace, sosial media seperti Facebook, Instagram, Youtube hingga tiktok.


Dengan adanya platform tersebut, banyak pemilik usaha mungkin tidak tertarik membuat website. Banyak beberapa perusahaan atau pemilik usaha masih sangsi untuk membikin web, umumnya kebimbangan itu karena belum sadarnya mereka akan faedah dari mempunyai sebuah web tersebut.

Walau sebenarnya web memberi beragam imbas positif pada usaha online kamu. Web menolong tingkatkan integritas customer pada usaha kamu, jadi media promo yang efisien, mencapai sasaran pasar yang bertambah luas, dan ada banyak lainnya. Namun sebelum membuang ide membuat website untuk usaha Anda, mungkin bisa dibaca dulu alasan-alasan di bawah ini. 


KENAPA HARUS MEMBUAT WEBSITE?

1. Memberikan Informasi Yang Lebih Lengkap Kepada Pelanggan
Website tidak hanya sebagai media pemasaran produk dan jasa secara daring. Namun, dibandingkan dengan platform lain, website bisa menampung beragam informasi yang diperlukan calon costumer.

Bandingkan dengan beberapa platform yang hanya menampilkan foto saja, gambar saja, atau penjelasan dibatasi karakter.
Kamu dapat membuat beragam info yang komplet yang kemungkinan diperlukan oleh calon customer saat sebelum lakukan pembelian.


2. Meningkatkan Kredibilitas

Di zaman digital ini, beberapa orang memakai internet untuk memperoleh info tentang sebuah produk atau jasa. Jika usaha kamu memiliki web karena itu calon konsumen setia dapat cari info tentang usaha kamu dan berasumsi usaha kamu bisa dipercayai.

Keyakinan konsumen setia akan bertambah karena mereka dapat menyaksikan beragam info tentang usaha kamu dari web yang kamu bikin.



3. Sebagai Media Promo yang Efisien
Web disebutkan sebagai media promo yang efisien karena bisa "bekerja" sepanjang 24 jam penuh. Web bisa juga dijangkau dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Kamu dapat menarget calon customer yang kamu harapkan sama sesuai sasaran usaha kamu dengan tepat.

Bahkan juga saat kamu sedang melancong atau tidur sekalipun, dengan pengaturan tertentu,  web dapat mengolah transaksi bisnis jual-beli secara otomatis.


4. Capai Sasaran Pasar yang Lebih Luas

Ingat web yang dapat dijangkau oleh siapa saja dan dimana saja, pasti ini jadi peluang kamu untuk capai sasaran pasar yang bertambah luas. Tidak cuma sasaran pasar yang ada di wilayah domisili rumah kamu, kamu bisa juga mencapai sasaran pasar ke luar wilayah domisili, bahkan juga luar negeri.


5. Meningatkan Jumlah Penjualan

Situs web jadi kesempatan besar untuk tingkatkan kepuasan customer, misalkan dengan menambah feature online chat, formulir pembelian, dan FAQ (Frequently Asked Questions) yang dapat menjawab beragam pertanyaan customer berkenaan usaha kamu.

Bila customer berasa senang, memungkinkan buat mereka lakukan alterasi (pembelian). Belum juga mereka akan mereferensikan produk atau jasa yang kamu pasarkan ke famili atau rekan paling dekat.


6. Tingkatkan Servis pada Customer

Tiap usaha mempunyai karakter yang berbeda, ada usaha yang jual produk yang ramah lingkungan dan share panduan berkenaan langkah mendaur ulangi. Atau usaha kamu beroperasi di sektor financial dan ingin memberi panduan atau langkah pembukuan keuangan yang efisien ke customer. 

Situs  web memungkinkannya kamu untuk membikin menu (feature) yang berisi halaman bertanya jawab, menulis website (article), sampai memberi informasi newsletter untuk menjawab semua pertanyaan customer.

Itu maknanya kamu sudah memberi servis yang baik sekali ke customer dan membuat mereka selalu terbaru.


7. Media untuk Memperlihatkan Produk


Selainnya media info yang lebih komplet, web bisa juga dijadikan media untuk memperlihatkan produk dengan detil ke beberapa orang. Apa saja tipe usaha kamu, kamu dapat memperlihatkan referensi atau galeri photo berkenaan produk atau jasa yang dijajakan.

Ini akan menolong tingkatkan keyakinan customer, dan memperlihatkan hal yang membuat produk kamu berlainan dengan pesaing.


8. Mengirit Waktu

Memberi info ke tiap customer pasti memerlukan waktu yang lumayan lama. Baik itu lewat telephone, chatting, atau berjumpa langsung.

Dengan catatan web diisi dengan lengkap, hal itu bisa memberi info yang komplet berkenaan produk atau jasa kamu.


9. Membuat Web itu Murah

Dengan semua faedah yang didapat dari mempunyai web yang telah disebut sebelumnya, menjadi kewajiban untuk kamu untuk mempersiapkan bujet membuat suatu web professional untuk usaha kamu.

Sebagai perbandingan, coba hitung berapakah ongkos yang kamu perlukan untuk membikin atau sewa sebuah bangunan kantor atau toko untuk memulai usaha kamu? belum juga kamu harus membuat promo supaya produk dikenali beberapa orang, bayar pegawai, bayar ongkos operasional kantor atau toko? Bandingkan dengan kamu "cuman" membuat web yang dapat menjadi tempat buat kamu menjalankan bisnis dan mempromokan usaha kamu.

Tentu tambah murah dengan membuat web kan? Membuat web bisa juga dilaksanakan sendiri. Atau bila kamu sangsi melakukan sendiri, banyak agen digital pemasaran yang sediakan jasa pembikinan web.

Bahkan jika Kamu berminat membuat website, dan terkendala biaya, kamu bisa melakukannya sendiri. Dimulai dari membuat blog, sebelum nanti diubah menjadi website dengan domain yang lebih profesional.

Kamu bisa membuat log terlebih dahulu di blog, dan membeli nama domain yang kamu inginkan,dan menggabungkannya. Paling tidak hanya keluar biaya sekitar 300RB (Tergantung apakah akhirnya .com,  co, .asia, )

Jika bingung ingin membeli domain dimana, kamu bisa coba dulu di Niagahoster.

Jika ingin membuat website di hosting yang diseqa sendiri dengan menggunakan Wordpress, juga bisa dilakukan di Niagahoster.