Pengertian Staff Warehouse, dan Tanggung Jawab Staff Warehouse

#Tags

Pengertian Staff Warehouse

Staff Warehouse adalah personil di bagian gudang  yaitu bagian yang mengurusi kelancaran distribusi dan penataan barang yang ada di gudang perusahaan.

Biasanya staff bagian warehouse ini harus memiliki fisik yang kuat juga sehat dalam menjalankan kinerjanya. Berkaitan dengan pengangkutan barang, pindahan, juga hal detail lainnya yang nantinya akan berlaku untuk kelancaran produk. Dalam gudang pun barang atau produk harus tertata sesuai dengan ketentuan yang ada saat itu juga.

Ilustrasi Warehouse. Sumber :  Ruchindra Gunasekara on Unsplash



Untuk lebih memaksimalkan kinerja maka staff warehouse ini akan menggunakan alat bantu juga berkoordinasi dengan bagian distribusi. Dalam tugasnya, staff bagian Warehouse ini juga harus memastikan ketersediaan stok barang, mulai dari pengecekan, pendataan hingga jumlah yang ada. Maka bagian ini juga sama pentingnya dalam pengambilan peran di komponen perusahaan.

Dengan adanya staf bagian warehouse ini maka pendistribusian barang semakin terkontrol dan sangat baik. Jadi perusahaan juga akan dilancarkan dengan keberadaan staff tersebut bahkan memudahkan bagian distributor barang. Lalu seperti apa spesifikasi tugas dari staff bagian warehouse ini untuk perusahaan?


Tanggung jawab dari Staff Warehouse


Berikut ini merupakan tugas dan tangggung jawab dari warehouse staff yang mensukseskan perkembangan bisnis perusahaan.
1. Melakukan Koordinasi

Saat menjadi warehouse staff maka hal pertama dan utama yang harus dilakukan yaitu melakukan koordinasi terkait barang. Dimana hal ini akan berhubungan dengan kondisi barang yang keluar masuk perusahaan. Kemudian akan dilanjutkan dengan melihat kesesuaian antara koordinasi yang dilakukan oleh bagian distributor ke warehouse staff.

Barang yang keluar masuk gudang tersebut menjadi tanggung jawab warehouse staff berdasarkan prosedur. Maka seorang staf bagian pergudangan harus mampu membaca situasi serta memahami apa yang telah di koordinasikan.

2. Mendata Barang untuk Laporan

Keberadaan barang yang merupakan produk perusahaan ini harus sesuai baik jumlah masuk atau keluar. Bagaimana kondisinya dan sebagainya. Inilah fungsi  staff warehouse untuk bisa melakukan pendataan barang secara terperinci. Kemudian harus memasukkan ke dalam format laporan yang ada dan diberikan pada perusahaan.

3. Menata Barang
Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam tugas warehouse maka akan berhubungan dengan perapihan barang. Juga memastikan barang semakin teratur sesuai dengan kondisinya, serta memahami seperti apa bagian barang yang sudah tertata. Selanjutnya barang akan ditata sesuaikan dengan kategori yang ada.

Hal ini dilakukan agar memastikan bahwa kedepannya nanti saat pendistribusian akan semakin lancar.

4. Memastikan Barang Yang Akan Dikirim


Jika sudah memahami alur koordinasi serta keberadaan barang di gudang berdasarkan kategori yang sesuai. Maka selanjutnya warehouse ini memastikan barang yang akan dikirim sudah sesuai dengan permintaan distributor. Maka dalam hal ini staff warehouse  ini akan memberikan kemudahan untuk bisa memastikan barang mana yang akan keluar.

Kemudian juga bisa memantau barang mana yang telah masuk, kemudian di data sesuai dengan kondisi dan keberadaan barang. Sehingga barang dalam perputaran roda distribusi ini akan lancar dan bisa menunjang perkembangan bisnis perusahaan.


6. Memastikan Logistik Berjalan Lancar

Kemudian staff warehouse ini harus memastikan logistik berjalan lancar, hal ini dimaksudkan dengan kondisi barang yang ada saat ini. Logistik ini menyangkut barang yang masuk dan harus disesuaikan dengan keadaan. Kemudian barang yang harus keluar agar bisa sesuai dengan data laporan distributor.

Jadi jika terjadi kesendatan pada logistik ini maka staff dari warehouse yang akhirnya akan menanggungnya. Juga bertanggung jawab atas insiden yang terjadi ketika logistik barang berjalan tidak sesuai prosedur. Maka sebagai warehouse staff harus memahami prosedur dan memastikan kelancaran kondisi barang yang akan didistribusikan.

8. Pemeliharaan
Untuk tugas selanjutnya yaitu pada bagian warehouse ini harus melakukan pemeliharaan. Pemeliharaan ini berkaitan dengan barang dan pendistribusian lainnya dimana para warehouse staff ini memastikan barang yang didistribusikan ini sesuai dengan prosedur dan kelayakan barang.


Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan tugas staff warehouse yang bisa dipahami. Dimana tugas tersebut wajib dijalankan berdasarkan ketentuan dan kondisi yang berlaku di perusahaan. Jadi untuk menciptakan keberadaan yang lancar dan baik, maka selanjutnya perlu adanya kontrol serta evaluasi. Sehingga staff ini akan bekerja dengan baik dan lancar untuk bisa menunjang komponen perusahaan dalam berbisnis.