10 Contoh Kata Pengantar Untuk Laporan PKL/Magang, Skripsi, Karya Ilmiah, dan Proposal Terbaru - Silahkan Dicopy

#Tags

Kata pengantar adalah bagian dalam karya tulis yang memuat ungkapan-ungkapan rasa syukur dan rasa terima kasih dari penulisnya. Kata pengantar selalu dimasukkan di dalam penulisan suatu karya ilmiah, skripsi, buku, proposal, kliping dan makalah. Jika Anda mampu membuat kata pengantar dengan baik, laporan Anda akan semakin baik di mata pembaca.


Struktur Kata Pengantar

Berikut ini adalah susunan secara umum dalam sebuah bagian kata pengantar :

  1. Awali kata pengantar dengan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Contohnya yaitu Alhamdulillah, puji Tuhan, puji syukur dan sebagainya.
  2. Paparkan sedikit isi dan tujuan penulisan laporan yang Anda buat.
  3. Sampaikan terima kasih untuk semua pihak yang berkontribusi pada laporan Anda.
  4. Tambahkan harapan Anda tentang hasil laporan tersebut.
  5. Akhiri dengan ucapan maaf atas kekurangan laporan yang Anda buat. Ajak juga pembaca untuk memberikan saran maupun kritik.



Contoh-Contoh Kat Pengantar Sesuai Keperluan


1. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah


                                                        KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena atas karunia-Nya penulis bisa menyusun sebuah karya ilmiah yang berjudul “Pemanfaatan Kain Perca untuk Usaha Mikro” dengan lancar.

Tujuan penulisan ini adalah untuk melengkapi syarat ujian mata pelajaran Ekonomi. Penulis sangat berterima kasih kepada Bapak Drs. Susanto selaku pembimbing karya ilmiah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Penulis menyadari bahwa karya ilmiah ini tidak lepas dari banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis berharap pembaca dapat memberikan kritik maupun saran. Kritik dan saran tersebut akan menjadi bahan evaluasi penulis kedepannya.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh


Bogor,    Mei 2017



Penulis




2. Contoh Kata Pengantar Laporan PKL / Magang / Prakerin


KATA PENGANTAR


Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga penyusun dapat membuat laporan dan penyusun juga sadar masih banyak kekurangan dalam Laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini.

Walaupun demikian, penyusun berusaha dengan semaksimal mungkin demi kesempurnaan penyusunan laporan ini baik dari hasil kegiatan belajar mengajar di sekolah, maupun dalam menunaikan praktik kerja di dunia industri. Saran dan kritik yang sifatnya membangun begitu diharapkan oleh penyusun demi kesempurnaan dalam penulisan laporan berikutnya.

Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri ini, di antaranya:

  1.     Bapak Yasin, M.Pd., selaku Kepala SMA 5 Bogor
  2.     Ibu Ida, SE., selaku Kepala Program Administrasi Perkantoran.
  3.     Bapak H. Asduli, S.A., M.M., selaku Pimpinan Umum Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor
  4.     Bapak Zuhdi Arimbi, S.Sos., selaku Pembimbing dari pihak instansi.
  5.     Bapak Abadi Hariesok, S.Pd., selaku Pembinbing dari pihak sekolah.
  6.     Rekan se-angkatan.


Akhir kata, penyusun berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat membantu bagi kemajuan serta perkembangan SMK NU Pekalongan. Sekali lagi penyusun ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, semoga Allah SWT membalas semua kebaikan kalian. Amin.

Bogor, November 2017

Penyusun



Budi Sudarsono


3. Contoh Kata Pengantar Tugas Kliping Sekolah

KATA PENGANTAR


Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT atas semua rahmat-Nya sehingga tim kami bisa menyelesaikan tugas kliping dengan judul “Upaya Pelestarian Lingkungan” ini dengan baik. Kami berharap agar kliping ini dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran.

Kliping yang kami buat ini tentunya masih memiliki banyak kekurangan. Atas dasar itu, kami berharap agar pembaca mau memberikan saran, masukan dan kritiknya untuk pembuatan kliping ini. Hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan kualitas kliping tim kami kedepannya.

Bogor, Agustus 2015

Penyusun



BACA JUGA :

PEDOMAN DALAM MEMBUAT LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI / PRAKERIN (PKL) UNTUK SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN)

 

4. Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan

KATA PENGANTAR


Rasa syukur kami haturkan kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan banyak nikmat sehingga penulisan laporan kegiatan ini bisa selesai tepat waktu. Laporan kegiatan ini bertujuan menjelaskan kepada masyarakat tentang pencapaian amanah yang diberikan kepada panitia dalam menyelenggarakan kegiatan peringatan HUT RI ke-60 di Desa Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Panitia bersyukur karena pelaksanaan kegiatan tahun ini berjalan dengan lancar bahkan lebih meriah dari tahun sebelumnya. Hal itu tak luput dari bantuan berbagai pihak diantaranya:

  1. Bapak Surya S.SH selaku kepala Desa Tugu Utara.
  2. Bapak H. Marsono selaku sekretaris desa.
  3. Bapak Mulyana penanggung jawab kegiatan.
  4. Seluruh panitia dan donatur acara kegiatan perayaan kemerdekaan RI Desa Tugu Utara
  5. Semua yang terlibat dalam kegiatan yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.


Sehingga atas tenaga, fikiran, gagasan dan materi yang telah disumbangkan kami ucapkan terima kasih banyak.

Dengan suksesnya perayaan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini diharapkan dapat menambah spirit masyarakat untuk melanjutkan cita-cita para pahlawan pendiri bangsa.

Selain itu, dari penyusunan laporan kegiatan tahunan ini diharapkan juga dapat menjadi bahan evaluasi untuk pembelajaran bagi panitia tahun depan.

Akhir kata, kegiatan ini dicatat sebagai amal sholeh oleh Allah subhanahu wata’ala.

Cibinong, 14 Agustus 2016



Sekretaris Pelaksana Kegiatan Peringatan HUT RI ke-59



5. Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR



Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan skripsi yang berjudul “ …………...........” ini dapat diselesaikan. Skripsi disusun dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan studi di Departemen …………………….., Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan dan penyusunan skripsi ini, terutama kepada:
1.………………………………..    (Nama Dosen Pembimbing) selaku dosen pembimbing.
2.……………………………….     (Nama Dosen Penguji).
3.……………………………….     (Nama orang atau lembaga yang telah membantu penelitian).
4.……………………………….     (Nama orangtua, keluarga).
5.……………………………….     (Nama lain yang perlu untuk disebutkan).
6.Semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan skripsi ini.
Kritik dan saran yang membangun tentunya sangat diharapkan untuk perbaikan di masa depan. Demikian skripsi ini disusun, semoga bermanfaat.


Bogor, tanggal bulan tahun



Nama mahasiswa


6.Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya, penulis mampu menyelesaikan penulisan proposal penelitian yang berjudul “Peran Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam Pelanggaran Hak Asasi Manusia Etnis Rohingnya di Myanmar”.

Proposal penelitian ini ditulis untuk memenuhi syarat kelulusan di Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Hubungan Internasional. Penulisan proposal penelitian ini bisa berjalan lancar karena dukungan berbagai pihak. Atas dasar itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada :

  1.     Bapak Irwan Ph. D, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, Malang.
  2.     Indra Lukmana, MIA selaku dosen pembimbing.
  3.     Dr. Permana Sarwo dan Dr. Budi Syaifudin, selaku dosen penguji I dan dosen penguji II.
  4.     Orang tua penulis yang selalu memberikan doa, semangat dan dukungan untuk penulis.
  5.     Semua pihak yang sudah berkenan membantu di dalam penulisan proposal penelitian ini yang tidak bisa penulis sebutkan satu demi satu.


Penulis tetap menyadari jika ada banyak kekurangan dalam proposal penelitian ini. Oleh karena itu, penulis berharap agar pembaca bisa memberikan saran dan kriti yang berguna bagi perbaikan proposal penelitian ini.

 

Penulis



7. Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin


                                                                KATA PENGANTAR



Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah subhanahu wata’ala yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan dapat menyusun laporan ini dengan baik guna memenuhi kelengkapan bukti belajar (evidence).

Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat disusun dengan baik berkat bantuan dari pihak-pihak yang telah memberikan bimbingan dan dukungan sebagai bahan masukan untuk kami. Untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Drs. Dani Priya Widada sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Cibinong yang telah memberi kesempatan pada kami untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
  2. Pokja Prakerin, K3 dan Tim Penjajakan yang telah mempersiapkan administrasi, tempat prakerin, serta memberikan pembekalan kepada siswa prakerin.
  3. Kepala Bagian Organisasi SETDA Kabupaten Bogor yang telah memberikan ijin pada kami untuk melaksanakan prakerin.
  4. Drs. Darmo Tilarso sebagai Guru pembimbing siswa prakerin dan pembimbing penulisan laporan kegiatan di SMK Negeri 1 Cibinong
  5. Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga penyusunan Laporan Praktek Kerja Instansi prakerin dapat terselesaikan.


Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kekeliruan dalam penulisan laporan ini.Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca.Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan dan bantuan sehingga laporan ini dapat tersusun dengan baik.




8. Contoh Kata Pengantar Makalah


KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah subhanallahu wa ta’ala yang telah melimpahkan segala nikmat-Nya, sehingga saya dapat menyusun tugas besar mata kuliah Etika Bisnis ini.

Makalah tugas besar ini saya buat dengan niat menunaikan amanah yang diberikan oleh dosen etika bisnis, Ratri Nurina, ST., MBA.

Penyusunan makalah tugas besar ini juga terkait dengan kontrak kegiatan belajar mengajar mata kuliah etika bisnis selama satu semester.

Saya ucapkan terima kasih kepada :

  1. Allah subhanallahu wa ta’ala, yang (semoga) senantiasa melimpahkan keberkahan dalam perjalanan thalibul ‘ilm
  2. Ratri Nurina, ST., MBA., sebagai dosen Etika Bisnis yang ikhlas mengamalkan ilmunya kepada mahasiswa Universitas Pakuan. Bogor
  3. Rekan kelas S1 Manajemen G angkatan 2017, yang senantiasa saling mendukung selama kegiatan belajar mengajar.


Saya menyakini, bahwa penyusunan makalah tugas besar ini tidak sempurna, karena hanya Allah yang berkehendak menciptakan kesempurnaan.

 

Bogor, 20 Mei 2018

Penyusun,

 

Wawan Hendrawan
NIM: 0389384050



9. Contoh Kata Pengantar Buku


KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah Subhanallahu Wata’ala atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga Buku Panduan Penulisan Thesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universaitas Ahmad Dahlan tahun 2017 telah dapat diselesaikan.

Buku panduan ini merupakan penyempurnaan dari edisi sebelumnya, sebagai pedoman bagi mahasiswa Program Studi MM FE UAD dalam penulisan thesis serta memberikan petunjuk praktis agar mahasiswa mendapatkan gambaran secara jelas dalam menuntaskan penulisan tersebut.

Terimakasih disampaikan kepada Prof.Dr.Rokhmat (periode 2008-2010) dan Prof.Dr. Herry, SE,MBA (periode 2008-2016) selaku Ketua Program Studi MM FEUA beserta sekretaris dan staff. Terimakasih juga disampaikan kepada Dr. Ratni Prima Lita, SE,MM atas kontribusi dalam penyempurnaan buku ini.

Terimakasih kepada Fajri Muharja, SE., MSi., Fajri Adrianto, SE.,M.Bus., Irwan, SE., Sari Dewi Hidayani, SE., Vivi Irawati, Skom., Mkom., Lusi A.Ariyanti, SP., yang telah berkontribusi dalam editing serta seluruh staf MM FEUA dan semua pihak yang telah ikut membantu dalam penyelesaian buku ini.

Kami menyadari masih terdapat kekurangan dalam buku ini untuk itu kritik dan saran terhadap penyempurnaan buku ini sangat diharapkan. Semoga buku ini dapat memberi maanfaat bagi mahasiswa MM FEUA khususnya dan bagi semua pihak yang membutuhkan.

Bogor, November 2017

Ketua



Dr. Rahmi Fahmy, SE., MBA.




10. Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris


                                                                                        PREFACE


Thank to Allah Subhanahu Wata’ala who has given His bless to the writer for finishing the English paper assignment entitled “Reading Games for Kids”.

The writer also wish to express his deep and sincere gratitude for those who have guided in completing this paper. This English paper contains some example of English reading games that can help the kids to improve their reading skill. The procedures in using reading games is provided in this paper. There are five example of games.

Those games also can be used as the guidance for those who want to teach English reading through games. Hopefully, this paper can help the readers to expand their knowledge about English reading.

Bogor, September 24th, 2017
Author



Wawan Sudirman