Jenis-Jenis Surat dan Contoh Penulisan Alamat Surat yang Benar

#Tags

Seiring dengan perkembangan zaman, dimana mudah sekali meghubungi siapapun karena kecanggihan komunikasi, tetap surat menyurat masih diperlukan. Banyak juga yang malah bingung saat akan menulis surat karena tidak terbiasa lagi. Yuk, simak beberapa informasi jenis surat dan cara penulisan alamat surat yang baik dan benar, lengkap dengan contohnya.

Ilustrasi : Amplop Surat Sumber : Photo by sue hughes on Unsplash

Jenis-Jenis Surat

Ada beberapa jenis surat. Pemakaian bahasa dalam surat-menyurat memegang peranan penting karena informasi yang ditulis akan jelas diterima oleh penerima bila memakai bahasa yang benar. Dilihat dari segi bentuk, isi, dan bahasanya, surat dapat dibedakan menjadi empat bagian, yakni sebagai berikut:


1. Surat Pribadi
Mungkin saat ini, jenis surat ini adalah jenis surat yang mulai "punah". Karena surat pribadi adalah jenis surat yang ditulis oleh seseorang berkaitan dengan kepentingan pribadi antar seseorang yang tidak resmi.  Karena sifatnya pribadi sekali, maka kedua belah pihak akan memilih lewat pesan singkat, chat messenger, atau lewat telepon langsung.

2. Surat Dinas
Surat dinas adalah surat yang ditulis oleh instansi atau lembaga pemerintah yang bertujuan untuk berbagai keperluan dinas.

3. Surat Niaga
Surat niaga adalah surat resmi yang ditulis oleh perusahaan maupun perorangan untuk tujuan bisnis, perdagangan, penawaran, dan jual-beli barang.

4. Surat Resmi
Surat resmi merupakan surat yang ditulis oleh perorangan, lembaga, organisasi untuk berbagai kepentingan resmi. Surat ini biasanya memiliki nomor surat yang berfungsi sebagai arsip penyimpanan surat.


BACA JUGA :

9 CONTOH SURAT LAMARAN - SILAHKAN DICOPY SECARA BEBAS

Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar

Langkah pertama yang harus kita ketahui dalam menulis surat adalah adalah menulis alamat surat yang benar. Penulisan alamat surat sangat penting dalam penulisan surat resmi agar surat bisa sampai kepada sang penerima.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan alamat surat yang baik dan benar:

1. Penggunaan Yang Terhormat

Dalam penulisan surat, tulisan “Kepada Yth.” secara bersamaan merupakan contoh yang tidak tepat. Penulisan ini hanya perlu diwakili dengan kata “Yth.” yang diikuti nama instansi atau penerima surat seperti contoh berikut ini:

Yth. Kepala Bagian Arsip dan Ekspedisi

Biro Tata Usaha LIPI

Jalan Ir. H. Juanda No.18,Kota Bogor


2. Penulisan Gelar

Untuk penulisan gelar, biasanya sebuah surat resmi ditujukan untuk instansi, pejabat, atau karyawan sebuah perusahaan. Penulisan gelar dalam surat cukup ditulis gelar penerima surat tanpa sapaan. Jika ingin memakai sapaan, maka kamu tidak perlu mencantumkan gelar.

Contoh: Yth. Neneng Sujatmi, S.Pd.

br />
3. Penulisan Huruf Kapital

Penulisan huruf kapital dalam surat ditulis sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Huruf kapital berada di awal setiap unsur kata dalam penulisan alamat surat.


4. Penulisan Tanda Baca
Sebuah alamat surat tidak memerlukan tanda baca di akhir kata, seperti tanda titik atau koma. Alasannya, penulisan alamat bukanlah sebuah kalimat jadi tidak perlu tanda titik.


5. Penulisan Alamat Surat

Penulisan alamat dalam surat cukup ditulis dengan ringkas, seperti nama jalan atau keterangan “di tempat”. Sementara itu, penulisan alamat surat di amplop atau luar surat perlu ditulis dengan jelas tanpa singkatan.


Contoh Penulisan Alamat Surat

Nah, setelah mengetahui pedoman dalam penulisan alamat surat. Kini kamu bisa menuliskan alamat surat yang baik dan benar seperti contoh berikut ini.

1. Penulisan Alamat Surat untuk Instansi

Yth. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Biologi Lipi
Jl. Ir. H. Juanda No.18, RT.04/RW.08,
Paledang, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor,
Jawa Barat 16122


2. Penulisan Alamat Surat Gelar di Depan

Yth. Drs. Caca Sudarsa

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan

Jl. Ir. H. Juanda No.18, RT.04/RW.08,
Paledang, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor,
Jawa Barat 16122


3. Penulisan Alamat Surat Gelar di Belakang

Yth. Iyan Suryawan, S.Pd.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan

BACA JUGA : Kode Pos Kota Bogor


4. Penulisan Alamat Surat dengan Sapaan

Yth. Ibu Neneng Sujatmi

Jl. Ir. H. Juanda No.18,
Paledang, Kec. Bogor Tengah,
Kota Bogor