Bertemu Transformer di Eco Art Park Sentul ?

#Tags

Perumahan Sentul City merupakan salah satu perumahan di Kabupaten Bogor, yang dikembangkan dengan konsep ramah lingkungan. Untuk melengkapi konsep tersebut, dibuatlahh sebuah ruang terbuka hijau bernama Eco Art Park Sentul.

Taman ini tidak seberapa luas, kalau diperkirakan hanya sekitar 500 meter persegi saja. Lokasinya tepat berada di pinggir aliran sungai Cikeas dan diapit oleh Bellanova Mall dan tempat wisata terkenal Bogor, Ah Poong.

Eco Art Park jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, adalah  Taman Seni Dan Ekologi. Ekologi, sebuah istilah yang terkait dengan konsep ramah lingkungan dan Art, atau Seni yang dicerminkan pada keberadaan beberapa instalasi seni menarik di dalamnya.

Taman ini sebenarnya terbagi dalam dua bagian, meski mungkin pengunjung  tidak menyadari pemisahannya.
1.. Taman Patung

Di bagian taman patung, pengunjung akan disambut dengan pemandangan berbagai patung. Ada patung robot seperti karakater Transformer yang terbuat dari mobil bekas. Patungnya benar – benar dibuat seperti robot khas di film Transformer, tapi tentu saja bukan. Hanya mirip konsep saja. 



Selain patung robot Transformer, ada juga patung lainnya. Patung berbentuk manusia gemuk berwarna coklat, dan berkepala botak. Pengunjung dapat menjumpainya di beberapa titik.



Patung manusia gemuk ini ada yang seperti  pesumo yang siap bertanding dengan lawannya. Ada juga patung manusia gemuk yang seolah sedang memberi makan kuda. Mencerminkan sikap menyayangi binatang. Selain manusia gemuk, ada lagi patung manusia lainnya.


2. Taman Sains
Taman patung dengan  Taman Sains. Untuk menuju Taman Sains, pengunjung dapat menaiki jembatan yang penuh kelok.


Jembatan ini memiliki atap sehingga di bawahnya sangat teduh. Lantainya terbuat dari kayu, sehingga lebih terlihat artistik. Ditambah, kanan kiri jembatan merupakan besi pelindung supaya pengunjung yang melintas tidak jatuh.

Di taman sains ada parabola aktif. Bentuknya hanya dua buah parabola berwarna-warni yang dipisahkan oleh jarak sekitar 15 meter.

 
Jika berdiri di salah satu sisi dan teman berdiri di parabola yang lain, lalu ucapkan beberapa kata di dekat parabola itu. Tidak usah berteriak, bicara saja secara normal. Maka teman akan mendengar yang diucapkan di sisi yang lain.

Ini merupakan salah satu wahana edukatif di Eco Art Park. Selain itu, ada juga ruang teater terbuka yang masih terawat dengan baik. Jika ada pertunjukkan, maka tempat inilah yang digunakan.




Harga Tiket Masuk Eco Art Park Sentul


Meski berada di dalam perumahan mewah, namun objek wisata ini dapat dikunjungi oleh umum. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk.

Jam Operasional Eco Art Park Sentul

Taman Rekreasi ini dibuka setiap hari.
 Untuk hari Selasa sampai dengan Jumat, buka pukul 10 pagi sampai 9 malam. Sementara hari Sabtu dan Minggu, buka pukul 8 pagi sampai dengan 9 malam.


Lokasi Eco Art Park Sentul

Taman ini berada tidak jauh dari pusat kuliner Pasar Ah Poong. Tepatnya di Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Bogor.