10 Umpan Pancing Yang Bisa DIPertimbangkan Kalau Memancing di Laut

#Tags

Bagi warga kawasan Bogor dan sekitarnya, tentu banyak yang yang suka memancing, tak terkecuali memancing ke laut. Bagi pegiat hobi memancing ini atau sering disebut mancing mania, maka salah satu faktor keberhasilan dalam melakukan "STRIKE!" adalah umpan. Rod boleh mewah, kalau umpan tak cocok, ikan pun enggan untuk mendekat.

Saat ini tersedia berbagai umpan pancing dengan beragam bentuk dan variasi warna untuk mengecoh dan mengelabui ikan. Namun, umpan pancing seperti apa yang tepat untuk dipilih?


Buat yang baru "tercebur" jadi anggota mancing mania, sangat disarankan untuk mengetahui produk umpan yang cocok.

Memancing.Sumber : James Wheeler on Unsplash

 

Tips Pemilihan Umpan Pancing


Ada beberapa kriteria dalam memilih umpan pancing. Misalnya umpan pancing adalah umpan yang terbuat dari logam dan digunakan untuk memancing di laut atau di sungai. Umpan pancing berbahan logam digunakan karena bobotnya mantap dan permukaannya halus sehingga tidak terhalang oleh hambatan udara maupun air. Umpan pancing mudah dilempar dan juga stabil ketika berada dalam air.

Karena penggunaannya lebih mudah dibandingkan dengan umpan dari bahan mentah, umpan jenis ini menjadi kian populer. Umpan pancing dapat digunakan untuk menangkap berbagai jenis ikan tergantung dari teknik memancing Anda.

Berikut tips memilih umpan pancing lainnya:

1. Harga dan metode memancing
Beberapa bahan / material yang digunakan dalam memancing :
- Timbal
Haraga material umpan ini murah dan umum digunakan. Beberapa umpan pancing dari bahan timbal yang dapat berubah bentuk seiring dengan penggunaan sehingga akan membuat Anda kesulitan. Umpan timbal seperti ini biasanya memiliki kadar kemurnian yang rendah sehingga harganya murah.
- Tungsten: Merupakan logam terberat untuk umpan pancing, memiliki kecepatan tenggelam yang tinggi dan sangat stabil di dalam air.
- Timah dan besi: Mudah untuk dilemparkan pada jarak yang jauh.
- Aluminium: Paling ringan, mudah bergerak mengikuti arus air.


Perlu diingat bahwa umpan pancing yang mahal tidak menjamin hasil tangkapan Anda meningkat. Karena itu, sebaiknya pilih material umpan pancing berdasarkan metode dan jenis ikan yang akan dipancing.

Lalu, terdapat beberapa umpan pancing dari bahan timbal yang dapat berubah bentuk seiring dengan penggunaan sehingga akan menyulitkan Anda. Umpan timbal seperti ini biasanya memiliki kadar kemurnian yang rendah sehingga harganya murah. Jadi, untuk penggunaan jangka panjang, sebaiknya pilih umpan yang terbuat dari bahan dengan kemurnian dan kualitas tinggi.


2. Penyesuaian warna umpan dengan waktu dan lokasi memancing
Umpan pancing dibagi menjadi dua warna, yaitu biru dan merah muda. Masing-masing warna akan memberikan efek yang berbeda.

Umpan pancing berwarna biru dapat memantulkan sinar matahari dan bersinar cemerlang sehingga mudah terlihat oleh ikan. Di sisi lain, di dalam air, umpan warna merah muda terlihat menarik bagi ikan sehingga ikan akan mendekat.

Sebaiknya persiapkan umpan warna biru dan merah muda ketika akan memancing. Jika Anda memancing di air yang jernih dan matahari sedang bersinar, gunakan umpan berwarna biru. Sebaliknya, jika memancing di tempat yang airnya keruh, gunakanlah umpan warna merah muda untuk meningkatkan hasil tangkapan Anda.


3. Periksa bentuk umpan dan sesuaikan dengan metode memancing Anda

Umpan pancing memiliki bentuk menyerupai ikan kecil yang berbeda-beda serta mempunyai keunggulannya masing-masing. Ada yang mudah dilemparkan dalam jarak tertentu, ada pula yang unggul dalam hal ketahanan dan kestabilannya di dalam air.

Berikut kami paparkan bentuk umpan di pasaran :
a. Bentuk lurus
Bentuk ini merupakan umpan yang paling umum, yaitu bentuk lurus dan ramping. Umpan jenis ini memepunya kelebihan sbb :
    - mudah untuk dilemparkan
    - memiliki hambatan air yang rendah sehingga dapat menghemat energi Anda.
    - Cocok digunakan di tempat memancing yang arus pasang surutnya berubah-ubah dengan cepat.

b. Bentuk asimetris
Jika dilihat dari sisi atas, bentuk umpan ini asimetris di sisi kiri dan kanannya. Bentuknya menciptakan gerakan yang tidak teratur sehingga menarik perhatian ikan untuk mendekat. Hal yang perlu diperhatikan dengan jenis umpan bentuk asimetris adalah:
    - Hambatan airnya cukup tinggi sehingga pemancing membutuhkan tenaga yang besar untuk menarik pancing.
    - Direkomendasikan jika Anda ingin memancing ikan besar dalam sekali pancingan.

c. Umpan Bentuk Panjang
Hal yang perlu diperhatikan dengan jenis umpan bentuk memanjang adalah:
    -Digunakan jika Anda menargetkan untuk menangkap ikan besar dan cumi-cumi. - Umpan ini tidak cocok dilempar jarak jauh karena memiliki hambatan udara yang tinggi.
    - Direkomendasikan bila Anda ingin memancing ikan besar menggunakan kapal.

d.Bentuk pendek

Hal yang perlu diperhatikan dengan jenis umpan ikan pendek adalah:
    - Umpan pancing bentuk pendek dapat digunakan untuk memancing ikan kecil dan juga beberapa jenis ikan besar.
    -  Umpan jenis ini cenderung ringan dan dapat dilemparkan untuk jarak yang jauh.
    - Umpan ini memiliki tingkat kecepatan yang lambat untuk masuk ke dalam air.

e. Umpan ikan bentuk telur
Hal yang perlu diperhatikan dengan jenis umpan bentuk telur adalah:
    -  Umpan ini bisa digunakan untuk menangkap berbagai jenis ikan, seperti ikan kakap merah besar dan lain-lain.
    - Tidak membutuhkan banyak tenaga ketika hendak menarik pancing.

4. Pastikan ukuran, berat, dan keseimbangan umpan sesuai dengan jenis target ikan

Umpan pancing bisa digunakan berkali-kali sehingga benda ini menjadi pilihan favorit para pemancing. Dengan umpan pancing, Anda tentu dapat menghemat biaya karena tidak perlu berulang-ulang membeli umpan. Jika Anda memilih umpan yang tepat, Anda bahkan bisa menangkap berbagai jenis ikan dengan menggunakan satu umpan saja.  Meski begitu, satu jenis umpan pancing tentu tidak bisa digunakan di semua kondisi.


Membaca paparan sebelumnya, Umpan pancing  memiliki berbagai variasi bentuk, warna, dan kegunaan. Tentunya membingungkan untuk memilih umpan yang pas untuk Anda gunakan. Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh umpan pancing yang ada di pasaran. Semoga Anda berhasil memilih produk umpan pancing sesuai kebutuhan.


Contoh-Contoh Umpan Pancing di Laut

1. GOMAME 80gr Naked Flash Zebra GID Metal Jig Gomoku

Estimasi Harga : 126.000,-


 

 Metal jig ini keluaran Rapala dengan sub-brand STORM GOMOKU, yang sengaja dibuat oleh team Rapala khusus untuk menyasar para angler di kasan asia tenggara.

Storm gomoku sudah terkenal di dunia mancing terutama kasan asia tenggara (singapore, malaysia dan indonesia tentunya)

Metal jig ini sangat cocok untuk teknik casting, shore casting dan vertikal jigging, dan juga teknik mancing yang lagi ngetop saat ini, SLOW PITCH atau SLOW JIGGING, menggunakan tackle kecil dan umpan metal jig dengan target ikan besar

Storm gomoku Gomame ini memiliki 3 fitur yaitu

    1. UV Bright = memantulkan sinar ultra violet ketika siang hari sehingga dapat menarik ikan ikan pemangsa

    2. Zebra GID + Hologram = Glow in the dark dengan model garis garis diselingi dengan rna hologram ditujukan untuk memancing sepanjang hari

    3. Belly GID = Glow in the dark bagian perut ditujukan untuk membuat ikan penasaran dengan nyala perut nya

Cara memainkan jig GOMAME

    1. Teknik Full Pitch : Jatuhkan gomame sampai ke dasar, lalu putar reel 1 putaran tanpa mengayunkan joran, berhenti sebentar lalu putar lagi 1 putaran

    2. Teknil Half pitch : sama seperti teknik full pitch hanya bedanya putar reel 12 putaran saja, bisa di kombinasi dengan irama 12 , 14 , 1 dan sebaliknya

    3. Teknik Pitch and Jerk : Jatuhkan gomame sampai dasar, ayun ujung joran sedikit saja kira kira 30-40cm diikuti dengan 1 putaran reel, berhenti sebentar, ulangi lagi

 Jika tertarik dengan produk ini bisa cek di LAZADA 

2. Williamson Gomoku Spooni

Estimasi Harga : 45.000,-  


 


Desain unik bentuk S-nya membantu Anda tingkatkan hasil pancingan
Pada umumnya, umpan pancing berbentuk lurus, tetapi tidak dengan yang satu ini. Produk ini mempunyai desain unik, yakni bentuk S yang dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan Anda. Umpan pancing ini cocok digunakan di air berarus deras dan di laut lepas. Ia tersedia dalam tiga pilihan warna yang dapat dipilih sesuai selera Anda. 

3. England Floating Pencil Fishing Lures 110Mm/10G 86Mm/6.5G 

Estimasi Harga : 55.000,- 


 

Umpan buatan merk KINGDOM yang menggunakan mata ikan holografik 3D.  Menggunakan material ABS, dan lentur. Bisa digunakan untuk memancing di sungai, waduk, memancing di kapal laut, memancing batu, memancing di pantai, memancing di danau, memancing di air berarus
Model: 5349
Panjang: 86mm/110mm
Berat: 6.5g/10g

Jika tertarik dengan produk umpan ikan buatan ini bisa cek di LAZADA

4.  Spoon Lures Gold Silver Metal Fishing

 Estimasi Harga : 27.000,- 


 

Dalam 1 paket pembelian terdiri dari 6 pcs. Terbuat dari bahan logam padat, jadi tidak akan melengkung, atau patah. Tidak perlu khawatir  akan berkarat karena dilapisi dengan bahan anti karat. Cocok untuk pemancingan di laut dan pemancingan air tawar, bisa untuk memancing ikan trout, pickerel, panfish, smallmouth bass, dll. 

Jika tertarik dengan produk umpan ikan buatan ini bisa cek di LAZADA 

 5. Bait Bionic 6 cm - Float Lures

 Estimasi Harga : 27.000,- 


 
Umpan buatan ini lembut, dan pergerakan ekornya mirip seperti ikan sesungguhnya. Menggunakan material PVC, tahan terhadap air laut.

Alur kait khusus di sisi atas dan bawah membuat pemuatan umpan lebih mudah dan lebih cepat, secara efektif menyembunyikan kait,

Ada pilihan 6 warna bisa dipilih. namun warna apa pun yang dipilih mensimulasikan pantulan sisik ikan. Payet di umpan akan memantulkan cahaya,sehingga umpan lebih mudah ditemukan di air keruh

Cocok digunakan memancing di area perairan yang keruh.  

Jika tertarik dengan produk umpan ikan buatan ini bisa cek di LAZADA 

 6. Umpan Buatan TOMSHOO 3.9in / 0.6oz 

 Estimasi Harga : 125.000,-

 



Dilengkapi dengan mata 3D yang jelas dan lapisan yang realistis, seperti ikan sungguhan. Bagian umpan mirip ikan dengan  dibagi 6 bagian yang disambung  sambungan karbon baja. Tahan lama , dan memudahkan untuk menarik perhatian target ikan.

Fitur:

  • Mata 3D yang jelas dan bodi pelapis yang realistis membuatnya terlihat seperti ikan sungguhan.
  • 6 segmen bodi dengan sambungan sambungan yang tahan lama, membuat umpan seperti ikan lamai yang sedang berenang dengan gerakan berbentuk S.
  • Kait treble baja karbon tajam memberikan kekuatan yang kuat, ikan yang tertangkap sulit untuk melarikan diri.
  • Dibuatn dengan plastik ABS tangguh, dapat digunakan kembali dan ramah lingkungan.
  • Cocok untuk air laut dan air tawar, umpan yang bagus untuk pemancing.

Spesifikasi:

  1. Bahan: ABS
  2. jumlah: 3 pcs
  3. Panjang Satuan: 10 cm / 3,9 inci
  4. Berat Satuan: 16 g / 0,6 oz
  5. Ukuran Kemasan: 14.3*11.2*1.7 cm
  6. Berat Pengepakan: 94 g

Jika tertarik dengan produk umpan ikan buatan ini bisa cek di LAZADA 

 7. Umpan Pancing Buatan Mirip Kecebong

 Estimasi Harga : 107.000,-


 

Umpan yang mirip kecebong ini dibuat dari  plastik keras berkualitas tinggi  tanpa wrna, dan ramah lingkungan. Body dibuat dari 5 segmen bersendi, seperti kecebong, lembut dan tahan lama.

Cocok untuk air laut dan air tawar, umpan yang bagus untuk pemancing.
Dua pilihan, umpan tenggelam atau umpan mengambang tersedia.

Spesifikasi:
Bahan: Plastik.
Warna putih.
Jenis: Mengambang / tenggelam (opsional).
Panjang Produk: 15.2 cm
Berat Produk: 40 - 42,6 g

Jika tertarik dengan produk umpan ikan buatan ini bisa cek di LAZADA 

8. Umpan Pancing  Serangga

 Estimasi Harga : 46.000,-


Umpan menggunakan bentuk serangga ini terrbuat dari bahan ABS ramah lingkungan berkualitas tinggi. Sayap baling-baling ganda yang berputar membantu umpan mengapung di atas air, menarik ikan lain untuk menggigitnya.

Bodi beresolusi tinggi yang realistis, mata memukau 3D, dan cat khusus warna alami membuatnya lebih fleksibel dan hidup.

Kait treble yang tajam dan cincin split datar yang kuat memberikan kekuatan yang kuat, ikan kail sulit untuk melarikan diri.

Cocok untuk air laut dan air tawar, umpan yang bagus untuk pemancing.
Paket kotak independen, ringan dan melindungi umpan pancing Anda dalam perjalanan.

Spesifikasi:
Bahan: ABS
Jenis: ada 5 warna bisa dipilih
Panjang produk: 7.5cm/3in
Berat Produk: 15.5g

 Jika tertarik dengan produk umpan ikan buatan ini bisa cek di LAZADA  

 

9. Umpan Pancing  Buatan Mirip Cacing

 Estimasi Harga : 95.000,-


 

 
Mata 3D menjadikannya alat penangkap yang kuat. Pilihan Warna-warna cerah untuk menarik ikan besar. Cocok untuk berbagai jenis ikan. Alat luar biasa untuk pecinta memancing.

Fitur:
Mata 3D menjadikannya alat penangkapan yang kuat.
Gantung mereka ke kail akan memiliki aksi yang jelas di dalam air.
Desain warna cerah, untuk menarik ikan besar.
Menggunakan bahan Plastik ramah lingkungan, dapat digunakan kembali dan awet dalam jangka panjang.
Cocok untuk berbagai jenis ikan, alat yang luar biasa untuk pecinta memancing.

Spesifikasi:
Bahan: Plastik
Warna: Hijau / Putih / Merah / Hijau Muda (Opsional)
Panjang: 8cm
Berat: 12g  

 

Jika tertarik dengan umpan ikan berbentuk cacing ini bisa cek di LAZADA 

10. Umpan Pancing  Rattle Fishing

 Estimasi Harga : 95.000,-

Dilengkapi dengan mata 3D yang jelas dan lapisan yang realistis, seperti ikan sungguhan. Bola baja yang terbungkus di dalam umpan tidak hanya membuat keseimbangan umpan, memiliki aksi berenang yang stabil, tetapi juga seperti panggilan ikan yang ada di dalamnya dengan menciptakan suara bopping  memaksa ikan lain di area tersebut untuk memusatkan perhatian mereka pada Anda.

Fitur:
Kait treble baja karbon tajam memberikan kekuatan yang kuat, ikan yang ketagihan sulit untuk melarikan diri.
Dibangun dengan plastik ABS tangguh, dapat digunakan kembali dan ramah lingkungan.
Cocok untuk air laut dan air tawar, umpan yang bagus untuk pemancing.


Jika tertarik dengan umpan ikan berbentuk cacing ini bisa cek di LAZADA