Tips Membuat Daging Sapi Menjadi Empuk

#Tags

 Daging sapi merupakan salah satu sumber lauk / protein yang premium dan harganya mahal. Sekali setahun, banyak yang bisa merasakan daging sapi karena hari raya kurban.

Meski mahal dan bergizi, mengolah daging sapi tidak semudah yang terlihat. Banyak resep daging sapi yang beredar, jika tahapannya ataupun cara yang diterapkan salah akan membuat daging kurang enak dan tidak empuk saat dinikmati. 



Banyak yang beranggapan jika semakin lama merebus daging akan membuat daging empuk. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun jika kalian terlalu lama merebusnya tentu saja gas menjadi lebih mudah habis. Maka dari itu untuk kalian yang penasaran bagaimana cara mengolah daging agar empuk dan hemat gas bisa menyimak informasi berikut ini.

1. Daun Pepaya


Cara yang pertama yaitu menggunakan daun papaya dan cara ini termasuk cara alami mudah untuk dipraktikkan. Kandungan enzim yang terdapat dalam daun papaya membantu membuat daging empuk dengan cara memecah protein yang terdapat daging sapi.

Cara ini mudah untuk dilakukan kalian hanya perlu mengambil daun papaya dan jangan lupa dicuci menggunakan air mengalir dan keringkan. Daun yang telah dibersihkan tadi kalian gunakan sebagai pembungkus daging dan jangan lupa diamkan selama 1 jam dan nantinya daging siap diolah mengikuti resep gulai sapi yang kalian inginkan.

Walaupun mudah untuk dilakukan namun kalian harus ingat untuk tidak membungkusnya terlalu lama. Seperti yang kalian ketahui bahwa daun papaya memiliki rasa pahit dan jika kalian membungkus terlalu lama maka rasa pahitnya akan menyerap ke dalam daging sapi tersebut.

6 Resep Olahan Daging Sapi dan Daging Kambing Selain Rendang Dan Sate


2. Buah Nanas


Selain menggunakan daun papaya cara alami lain untuk mengempukkan daging sapi dengan menggunakan nanas. Penting untuk diperhatikan yaitu jika daun papaya hanya cukup dijadikan pembungkus namun untuk buah nanas tidak seperti itu.

Nanas yang sudah dibersihkan kalian haluskan ataupun dibuat jus lalu lumuri daging sapi dengan bahan tersebut dan cukup diamkan selama 30 menit saja. Jika kalian ingin cara yang lebih praktis maka bisa menggunakan nanas tadi sebagai bahan marinasi dan tetap hanya perlu waktu 30 menit dan tidak lebih agar tekstur serta rasa daging tidak mengalami perubahan.

BACA JUGA :  Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas dan Cara Pengolahan Daging Kurban


3. Memotong Daging Berlawanan Serat

Cara lain yang tidak kalah praktisnya adalah dengan memotong daging. Namun cara memotongnya sedikit berbeda yaitu kalian potong dengan arah yang berlawanan dengan seratnya. Tujuan dari pemotongan dengan menggunakan cara tersebut adalah agar seratnya menjadi lebih pendek sehingga bisa cepat empuk ketika dimasak dan hal ini akan membuat resep gulai sapi jadi lebih enak.

Jadi itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar daging sapi menjadi lebih empuk tanpa membuat boros gas di rumah. Setelah mempraktikkannya maka kalian bisa langsung beralih membuat gulai sapi yang lezat untuk hidangan di Hari Raya Idul Adha ini.

 Jadi itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar daging sapi menjadi lebih empuk, namun bisa menghemat penggunaan gas di rumah.