Cek Bantuan Sosial Tunai / Cek BST di cekbansos.kemensos.go.id

#Tags

Di masa akhir penerapan PPKM Darurat (19 Juli 2021) dan belum jelas apakah akan diperpanjang atau tidak, pemerintah menyatakan akan membagikan bantuan sosial, salah satuny adalah bantuan sosial tunai.  Penerima Bansos Tunai sebesar 10 juta peserta dan anggarannya mencapai Rp6,1 triliun.


Bantuan sosial yang dibagikan kepada masyarakat adalah bantuan sosial tunai atau BST. Bantuan tersebut akan disalurkan langsung oleh pemerintah dan bagi penerima dapat mengecek status penyaluran di laman/ website cekbansos.kemensos.go.id.


Cara memeriksa bantuan sosial tunai (BST) dari laman tersebut:
1. Masuk ke laman https://cekbansos.kemensos.go.id
2. Setelah itu masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan
3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP. Setelah itu masukkan dua kata yang terdapat di kotak kode
4. Apabila huruf tidak jelas, refresh gambar untuk mendapatkan kode baru
5. Tekan tombol pencari data.

Bantuan sosial tunai periode Mei-Juni disalurkan di Juli 2021. Sehingga penerima BST akan menerima bantuan sekaligus Rp600 ribu. Bansos ini akan diberikan kepada 10 juta penerima.

Selain bantuan sosial tunai, bantuan sosial (bansos) lain juga diberikan dalam jenis Sembako dengan menggunakan Kartu Sembako. Kemudian, diharapkan dikerjakan selanjutnya ada Program Keluarga Harapan (PKH).

PKH saja diharapkan bisa disalurkan kepada 10 juta penerima dengan anggaran Rp 13,96 triliun. Sedangkan Bantuan Pangan Non Tunai akan diberikan pada 18,8 juta dengan anggaran sebesar Rp45,12 triliun

Jika Anda mendapatkan banntuan sosial tunai, maka Anda akan mendapatkan bantuan tersebut melalui PT Pos Indonesia.

Sementara Himpunan Bank Negara (Himbara) akan melakukan penyaluran untuk program PKH.