Ucapan Aqiqah Untuk Anak Laki-laki dan Perempuan , Arti Akikah, Hukum Aqiqah dan Waktu Pelaksanaan Aqiqah

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Aqiqah atau akikah mungkin secara umum dikenal masyarakat terutama yang beragama Islam adalah ucapan adalah pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai bentuk rasa syukur umat Islam terhadap Allah SWT untuk bayi yang dilahirkan di dalam keluarga. Tapi aqiqah bukan hanya sekedar itu saja, apa lagi menjadi bagian dari usaha penyediaan konsumsi untuk aqiqah saja.

Arti Aqiqah / Akekah

Secara etimologis (Lughawi), akekah atau aqiqah merupakan pemotongan rambut bayi yang baru dilahirkan.

Sementara berdasarkan syariah (fiqih), aqiqah merupakan proses menyembelih hewan untuk menggantikan anak yang baru dilahirkan supaya tidak menjadi korban. Aqiqah hukumnya sunah dan menjadi rasa syukur kepada Allah karena diberikan anak. Hewan yang dikorbankan bisa berupa domba atau kambing sesuai kemampuan orang tua. Di momen ini, banyak ucapan yang bisa diutarakan kepada sang anak.

Hukum Aqiqah (Akikah)

Ada tiga pendapat ulama dalam masalah status hukum akikah yaitu wajib, sunnah mu'akkad dan sunnah. Menurut madzhab Syafi'i hukumnya adalah sunnah (mustahab) apabila mampu.
SYARAT HEWAN AQIQAH (AKIKAH)
Adapun syarat hewan kambing yang dapat dijadikan aqiqoh itu sama dengan syarat hewan qurban (kurban) sbb:
- Kambing: sempurna berusia 1 (satu) tahun dan masuk usia (dua) tahun.
- Domba: sempurna berusia 6 (enam) bulan dan masuk bulan ke-7 (tujuh).
- Tidak boleh ada anggota badan hewan yang cacat.
- Dagingnya tidak boleh dijual.


 

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

- Waktu pelaksanaan aqiqah disunnahkan pada hari ketujuh lahirnya anak sekaligus memberi nama.
- Yang melaksanakan dan membeli kambing adalah orang tua anak yakni ayah sebagai kepala rumah tangga.
- Apabila aqiqah tidak dilakukan sampai anak mencapai akil baligh, maka gugurlah kewajiban aqiqah bagi orang tua.
- Anak yang belum diaqiqahi sampai baligh boleh beraqiqah untuk dirinya sendiri dan boleh tidak melakukannya. (Lihat: "Hukmul Aqiqah" dalam kitab Fathul Qarib al-Mujib )


Sunnah Saat Bayi Lahir
Menurut Al-Ghazi dalam kitab Fathul Qarib saat seorang anak lahir, maka disunnahkan orangtuanya (bapaknya) melakukan hal-hal berikut untuk anak tersebut:
1. Segera setelah anak lahir ayah memperdengarkan adzan pada kuping kanan anak dan iqomah pada kuping kirinya.
2. Memberi sedikit kurma yang sudah dilembutkan pada mulut anak sampai tertelan. Apabila tidak ada kurma, maka bisa diganti dengan sesuatu yang manis.
3. Diberi nama pada hari ketujuh. Boleh memberi nama sebelum hari ketujuh atau setelahnya.
4. Setelah penyembelilan hewan aqiqah, rambut bayi dipotong dan sunnah bersedekah dengan emas atau perak seberat timbangan rambut yang dipotong.

Keutamaan dan Manfaat Aqiqah

- Merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah dengan lahirnya sang anak.
- Akikah sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari'at Islam & bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.
PEMBAGIAN AKIKAH PADA FAKIR MISKIN
- Pelaku aqiqah yakni orang tua bayi hendaknya memberi makan pada fakir miskin dengan memasak daging aqiqah sebagai lauknya.
- Pemberian makan tersebut dapat berupa undangan ke rumah atau dihantarkan ke rumahnya.


Sebagian orang selain menyembelih hewan, namum ada juga beberapa yang membuat acara perayaan atau acara syukuran sebagai tanda rasa bersyukurnya atas titipan dan amanah Allah SWT yang diberikan kepada kedua orang tua.  Berikut beberapa ucapan untuk aqiqah yang bisa diberikan untuk anak.

1. Ucapan Aqiqah / Akekah Berupa Doa


Doa – doa ini diambil dari ucapan dari para sahabat rasul terdahulu. Yang tentunya doa doa ini mengandung makna kebaikan dan juga harapan yang baik untuk sang bayi dan juga untuk keluarganya.

Dari Hasan Al-Bashri rahimahullah, bahwasanya ada seseorang yang bertanya kepadanya, “Bagaimana cara saya mengucapkan ucapan selamat (kelahiran)?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah olehmu,

جَعَلَ اللهُ مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَ عَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ


“Ja’alallahu mubaarokan ‘alaika wa ‘ala ummati Muhammadin”

Artinya :

 “Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkahi atasmu dan atas umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.”


2. Ucapan Akikah Secara Digital

Fungsi ucapan ini biasanya berupa undangan yang diberikan secara digital. Artinya, ucapan tidak dalam bentuk tulisan seperti biasanya. Bisa dalam bentuk JPEG, PNG hingga format gambar dan tulisan lain yang diberikan dalam bentuk print out.

Kemudian ucapan ini nanti disebarkan di media sosial. Kartu ucapan untuk aqiqah ini fungsinya untuk memudahkan saja. Ada banyak contohnya, berikut contoh yang paling umum:

“Bismillahirrohmanirrohim, tasyakuran aqiqah. Kami mengucapkan alhamdulilah karena anak pertama kami sudah lahir dengan selamat. Sebagai ucapan rasa syukuran, kami sebagai orang tua menjalankan sunnah Rosul berupa Aqiqah untuk anak kami tercinta “(nama anak) ” yang lahir 20 Februari 2020.


3. Ucapan Aqiqah Kepada Anak Laki-Laki

Kata-kata ucapan aqiqah kepada anak laki-laki bisa diberikan lewat nasi kotak yang diberikan kepada undangan. Bagi yang belum ada ide, berikut contoh ucapan untuk aqiqah yang bisa dipakai:

“Puji syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT atas limpahan karunia-nya, telah lahir anak kedua kami “(nama Anak” pada hari Kamis 20 Februari 2020. Tidak ada kata terindah selain ucapan terimakasih dan semoga ananda menjadi anak yang sholeh dan berguna untuk bangsa dan negara”.

 

4. Ucapan Aqiqah Kepada Anak Perempuan

Beda dengan anak laki-laki, anak perempuan bisa diaqiqahkan dengan menyembelih satu ekor kambing saja. Ketentuan sudah ditetapkan oleh pendahulu jadi bisa dijadikan acuan. Namun orang tua yang tidak mampu juga tidak wajib untuk melakukannya.

 5. Ucapan Aqiqah Untuk Orang Dewasa


 Ucapan untuk aqiqah kepada orang dewasa sudah bergeser dari fungsi yang sebenarnya. Pasalnya berbeda dari bahasa yang digunakan. Biasanya ucapan aqiqah untuk orang dewasa dibuat agar orang lain tahu maksud, fungsi dan tujuan aqiqah tersebut. Contoh ucapan yang bisa digunakan adalah sebagai berikut,

“Alhamdulilah semoga bisa menghadiri syukuran aqiqah dengan lancar tanpa ada halangan sedikitpun di rumah Husen bin Ahmad. Tiada kata yang bisa kami ucapkan selain kehadiran Bapak/Ibu di rumah kami tercinta”.

 

6. Ucapan Aqiqah Bahasa Jawa


Untuk aqiqah, Anda bisa menggunakan ucapan memakai bahasa Jawa. Tentu ini cocok untuk yang lahir atau tinggal di Jawa. Mengingat Jawa penuh dengan tatakrama dan sopan santun. Untuk yang bingung, Anda bisa menggunakan ucapan seperti ini untuk aqiqah:

“Puji syukur tansah diparingi Gusti Allah SWT, kuwasa lan kuwasae, lair Putri katelu “Husen Ahmad” tanggal 25 Februari 2020. Aqiqah sampun ditindakake kados engkang sampun ditindakake. Mboten enten kepinginan saliyani supoyo putri kami dadi anak engkang alim lan berguna kagem negoro”.

 

7. Ucapan Aqiqah Untuk Orang Yang Sudah Tua

 Aqiqah sejatinya bukan hanya digunakan untuk anak-anak ataupun keturunan yang mengaqiqahkan saja. Tidak sedikit orang dewasa yang melakukan aqiqah karena sebelumnya belum diaqiqahkan oleh orang tua.. Bagi yang ingin memberi ucapan untuk acara aqiqah, berikut
contohnya:

“Assalamualaikum Wr.Wb, Alhamdulilah atas syukuran aqiqah yang telah berjalan dengan lancar tanpa halangan dikediaman Ibu Yeni tanggal 30 Oktober 2019. Terimakasih sudah bersedia datang dan memberi doa tulus di acara syukuran aqiqah hari ini. Semoga Allah membalas semua amalan dan kebaikan kita”

 

8. Ucapan Aqiqah Untuk Bayi

Banyak ucapan yang bisa digunakan. Bagi yang tidak ada ide untuk ucapan apa yang pas, Anda bisa menggunakan ucapan berikut:

“Alhamdulilah sudah diberi limpahan rejeki dan rahmat-Nya. Telah lahir putera pertama kami bernama “nama anak"  yang lahir tanggal 20 Februari 2020. Telah dilakukan acara aqiqah menurut Islam dan ajaran Rasullullah. Tiada kata paling berharga selain doa semoga putera kami menjadi anak yang sholeh, berbakti kepada orang tua dan berguna untuk bangsa”.

 

9. Ucapan dan Doa Walimatul Aqiqah

Ucapan dan doa yang bernada kebaikan harus selalu diucapkan agar acara aqiqah berjalan dengan lancar tanpa ada halangan sedikitpun. Salah satu doa yang bisa diucapkan adalah Walimatul Aqiqah. Doa ini kerap diucapkan kepada Allah SWT dengan harapan acara aqiqah yang akan berjalan bisa lancar tanpa ada halangan.

Banyak ucapan walimatul aqiqah yang dianjarkan Rasullullah. Berikut contoh doa terbaik untuk aqiqah tersebut:

“Ya Allah, jaga semua yang ada disekeliling kita dari kejelekan makhluk yang tidak nyata dan segala kejelekkan yang ada. Ya Allah, jadikan kami sosok yang ahli dalam kebaikan, ilmu dan ahli Al Quran. Jangan Engkau limpahkan kejelekan dan keburukan kepada kami. Kami hanya makhluk lemah dan rendah tanpa pertolongan-Mu”.

 BACA JUGA :

Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Dengan Unsur Dari Suku Sunda dan Nama Bayi Laki Laki Islami

15 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Yang Lahir di Bulan Syawal

10. Ucapan Aqiqah Untuk Syukuran


Jika Anda memiliki teman, keluarga atau rekan kerja yang mengadakan acara syukuran aqiqah, ada baiknya menyiapkan waktu untuk datang. Setidaknya untuk menghormati dan memberi doa restu supaya yang ia inginkan berjalan dengan baik.

Jangan lupa berikan doa kebaikan untuk mereka. Doa tersebut bisa saja menular untuk Anda karena kebaikan tidak akan pernah sirna. Contoh doa yang bisa diucapkan adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, jagalah kami dari kejelekan, keburukan dan kemunafikan yang bisa menyesatkan kami kapan saja. Ya Allah, jadikanlah anak ini menjadi sosok yang berjalan dalam kebaikan dan menjadi ahli dari semua kebaikan”.

Itu ucapan aqiqah yang bisa Anda gunakan atau saat menghadiri acara aqiqah. Kebaikan selalu datang kepada hamba Allah yang percaya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.