STOK DARAH PMI KABUPATEN BOGOR ANJLOK 50%

#Tags

PMI baru saja berulangtahun ke 75. Sayangya, kado ulang tahun tahun ini cukup menyedihkan. Banyak cabang PMI di Indonesia yang kekurangan stok darah. Hal ini diakibatkan pandemi Covid-19, membuat masyarakat enggan atau khawatir untuk menyumbangkan darah. 

Ilustrasi : Donor darah . Sumber : pmikabupatenbogor
>



Di Kabupaten Bogor sendiri, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) sebanyak 50 persen.
Menurut Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Bogor Dini Susanti mengatakan bahwa menurunnya pasokan darah sudah mulai terasa sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diberlakukan.

Saat kondisi normal sebelum adanya pandemi,  stok darah di PMI Kabupaten Bogor per bulan bisa mencapai sekitar 2.000 kantong darah. Namun, kini, kata dia stok darah setiap bulan hanya sekitar 1.000 kantong. Kini pihaknya terus mengupayakan agar stok darah tercukupi seperti secara terus menerus mempromosikan bahwa donor darah itu aman. Seperti memberlakukan protokol kesehatan saat kegiatan donor darah dilakukan serta bekerja sama dengan lembaga-lembaga atau perusahan untuk donor darah.

"Kita juga menerapkan donor pengganti karena ketidak cukupan stok darah terpaksa kita menerapkan donor pengganti," pungkasnya.