Rute / Jalur Hiking di Sentul ( Bojong Koneng - Cisadon)

#Tags

Di masa pandemi covid-19, banyak tempat - tempat umum yang masih ditutup. Tempat berolahraga / pusat kebugaran pun masih banyak belum diperkenankan. Selain itu, yang paling sulit adalah sekolah. Anak-anak harus belajar dari rumah. Kegiatan bergaul di ruangan terbuka banyak yang dibatasi. Ini sangat menyulitkan.

Dari WHO dan CDC Amerika Serikat, ada beberapa kegiatan yang dianggap punya risiko minimal penularan covid-19. Salah satunya adalah hiking / berjalan kaki . Tentu saja dengan ketentuan jaga jarak, dan jumlah dalam satu rombongan yang tidak terlalu banyak.

Bogor, merupakan salah satu daerah yang mempunyai jalur penelurusan ( hiking ) yang cukup banyak.  Salah satunya adalah Jalur Hiking di Sentul  ( Bojong Koneng - Cisadon). Jika belum pernah melakukan hiking, tidak tahu rute, kami sangat himbau untuk mempunyai penuntun jalan. Ada beberapa "guide" yang telah mengiklankan diri di media sosial.

Harap diberitahukan berapa orang yang akan ikut, usia yang akan ikut, dan ketentuan lain yang  juga akan ditanyakan oleh pemandu jalan.  Hiking bersama anak-anak juga diperkenankan, tentu dengan rute yang yang akan dipilih seaman mungkin.

Jika anda ingin ke Bojong Koneng dari Jakarta, maka dari Tol Jagorawi, keluar di Sentul Selatan, lalu belok kiri. Selanjutnya ikuti Maps. Atau pilih cara gampang kontak pemandu, buat janji, supaya bisa dikirimkan titik bertemu.

Rute Bojong Koneng – Cisadon yang total jalurnya 7,5 km dengan ketinggiannya dari 780 mdpl sampai 1.100 mdpl. Ada juga pilihan PP, namun rute kembainya melalui jalan yang lain, sehingga panjang rute total mencapai 20 km.

Ilustrasi : Jalur Awal Hiking
Sumber : dailyvoyagers(dot)com

Melalui jalur-jalur ini ada beberapa titip pemberhentian. Sehingga peserta hiking bisa beristirahat sejenak, membeli penganan, atau berfoto terlebih dahulu. Ada beberapa warung milik warga setempat yang buka.

Salah Satu titik rumpun bambu yang bisa dilewati
Sumber : dailyvoyagers(dot)com
Selain itu sepanjang rute menjadi lokasi yang nyaman untuk sekedar berjalan jalan, terutama dengan banyak pemandangan terbuka, pohon-pohon, hingga aliran sungai kecil.


Pintu Selamat Datang Cisadon, Garis Finish
Sumber : dailyvoyagers(dot)com