KABUPATEN BOGOR BARAT SUDAH DIDUKUNG, CALON IBUKOTA MASIH BELUM JELAS ANTARA CIGUDEG ATAU RUMPIN

#Tags

Komisi I DPRD Jawa Barat  melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bogor dalam rangka pembahasan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru Kabupaten Bogor Barat, bertempat di Ruang Serbaguna 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, pada Rabu (26/8) Dalam kunjungan kali ini, Komisi I DPRD Jawa Barat Kali ini, meminta  pemerintah kabupaten Bogor diminta untuk segera membuka moratorium pemekaran wilayah. Itu untuk mempercepat kesempatan pemekaran wilayah yang berdampak luas kepada masyarakat.

Rapat Komisi I DPRD Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Bogor

Sekretaris Komisi I DPRD Jawa Barat, Sadar Muslihat, membandingkan dengan kondisi di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang jumlah penduduknya lebih sedikit dan areanya kecil, namun suntikan APBD-nya tinggi. Menurutnya, untuk Jawa barat idealnya memiliki 40-42 kabupaten dan kota.

Untuk pembentukan wilayah kabupaten Bogor Barat sendiri, sudah mendapat persetujuan dari banyak pihak, tak terkecuali dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Namun, masih ada ganjalan untuk kandidat ibukota Kabupaten Bogor Barat, yang belum diputuskan.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Bogor Ade Yasin menyampaikan beberapa alasannya mendukung Kecamatan Rumpin sebagai calon ibukota Kabupaten Bogor Barat.  Hal ini berdasarkan hasil kajian geologis, serta Rumpin dinilai memiliki wilayah yang strategis, faktor alam dan faktor pendukung lainnya yang menjadi alasan kuat Bupati Bogor Ade Yasin, memilih Rumpin menjadi Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat.

Bupati Bogor - Ade Yasin


Hal tersebut disampaikan Ade Yasin saat Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bogor dalam rangka pembahasan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru Kabupaten Bogor Barat, bertempat di Ruang Serbaguna 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, pada Rabu (26/8).

Masih menurut Ade Yasin, dari sektor kondisi alam, Kecamatan Rumpin memiliki dua setu alami dengan total luas 2,7 hektar, dan sejumlah mata air alam yang berfungsi sebagi tempat resapan air, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menghidupkan sektor pertanian.

Pendapat berbeda dilontarkan oleh Ketua Komite Percepatan Pemekaran Kabupaten Bogor Barat (KPPKBB) Yana Nurheryana, yang  mengatakan, bahwa review ibukota calon Kabupaten Bogor Barat punya mekanismenya tersendiri.  Calon ibukota sebelumnya, Kecamatan Cigudeg sudah melewati kajian dari dari ITB dan memang dianggap layak menjadi calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat.