MENJELANG PEMBUKAAN CIBINONG CITY MALL TANGGAL 08 JUNI, BUPATI BOGOR CEK KE LOKASI

#Tags

PSBB Kabupaten Bogor  yang berlangsung selama  2 Bulan, memang membuat Cibinong City Mall Bogor ditutup. Kini, CCM, Cibinong City Mall (CCM) yang berada di Cibinong, Kabupaten Bogor akan kembali lagi bekerja pada Senin (8/6/2020) esok.

Untuk itu, Bupati Bogor Ade Yasin memeriksa  persiapan pusat pembelanjaan Cibinong City Mall (CCM). Ade ingin pengelola mal dapat mengaplikasikan prosedur kesehatan.

Bupati Ade Yasin Memeriksa Cibinong City Mall Tanggal 07 Juni 2020
Sumber Foto : (Sachril/detikcom)

Bupati Kabupaten Bogor, Ade Yasin tiba ke CCM,  Minggu siang,  ditemani Kodim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Syukur Hermanto serta Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy.

Ada banyak outlet di CCM yang tutup. Beberapa toko yang membuka melakukan persiapan. Ada tenant tempat makan yang membuka serta layani pembelian dengan skema delivery.

Bupati Bogor ini juga minta pengelola mal supaya menjaga jarak dapat diaplikasikan saat pengunjung tiba. Karena, ia lihat ada satu tenant tempat makan yang kurang mengaplikasikan menjaga jarak atau physical distancing.

Sesudah mengunjungi tempat makan, Ade lihat keadaan di toilet. Ade juga ingin supaya prosedur kesehatan ini terus diaplikasikan ditengah-tengah limitasi sosial bertaraf besar (PSBB).

Selesai lakukan pemeriksaan, Ade menjelaskan CCM akan dibuka esok. Ia menjelaskan pengelola mal harus dapat batasi jumlah pengunjung yang masuk, yaitu kemampuan optimal 50 %. Temperatur badan pengunjung harus juga dicheck, yaitu jangan di atas 37,5 derajat Celsius.

"Jika ada kemampuannya (mal) 100, jadi 50 % harus dipotong. Jadi cuma 50 orang yang dapat masuk dalam sini serta itu harus dilihat gunakan checker. Jadi misalnya masuk 50,  artinya penuh. Ditutup dahulu di luar. Itu bergiliran hingga ini harus terlihat," kata Ade.

Ia memberikan tambahan kedisiplinan serta loyalitas harus dilaksanakan saat mal dibuka. Ade mengutarakan CMM ialah mal yang pertama diaktivasi. Ia menjelaskan aktivasi mal ialah eksperimen sebelum ke arah penyesuaian rutinitas baru (AKB).

"Kalaulah rupanya kita perlu eksperimen atau di saat-saat social distancing ini menyalahi, ya harus terpaksa dikembalikan lagi pada sebelumnya, yakni ditutup kembali lagi. Ada (sangsi jika menyalahi). Sangsi administrasi," sebut ia.

General Manajer CMM Dimas Ario memberikan tambahan persiapan mal untuk bekerja kembali lagi telah 70 %. Petugas serta prosedur kesehatan telah disediakan. Esok, katanya, beberapa outlet non-pangan akan dibuka.

"Pokoknya sich 70 % (CCM) siap (membuka). Cuma beberapa tenant yang esok jangan dahulu membuka, jika siap baru membuka. Sebab keadaannya sendiri beberapa ada yang masih proses persiapan," tutur Dimas.
 

Pembukaan mall ini, kata Farah akan menyertakan semua lantai mall yang ada namun akan diaplikasikan beberapa aturan prosedur kesehatan untuk menahan penebaran virus corona atau Covid-19.

Seperti harus kenakan masker, penelusuran temperatur badan di semua akses pintu masuk, harus membersihkan tangan dengan sanitizer serta menjaga jarak.

Marka untuk jaga jarak harus diresmikan pada barisan kasir serta barisan ATM.

"Tentu saja penyemprotan desinfektan di ruang mall dengan cara periodik serta pembersihan semua sarana dengan cairan de sinfektan tiap beberapa saat sekali," kata Farah.

Peletakan hand sanitizer untuk pengunjung ditebar serta dikasih marka-marka untuk jaga jarak dan di ruang lift, escalator, serta travelator, terpasang poster-poster anjuran.

Management Cibinong City Mall pun tidak merekomendasikan pengunjung untuk coba produk kosmetik serta fashion.

"Semua tenant harus pastikan jika staff mereka pada keadaan sehat, situasi sanitasi di tenant baik serta higienis, kenakan faceshield kecuali masker serta kenakan sarung tangan intinya untuk staff tenant food and beverages serta staff tenant yang terkait langsung dengan pengunjung," katanya.