Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Harus Orangtua Ketahui

#Tags

Bogor, halamanbogor.com --  Anak segalanya untuk orangtua. Setiap orangtua tentunya mengharapkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Anda tentunya ingin perkembangan otak si kecil berkembang dengan maksimal, serta bisa dengan mudah menyerap segala informasi yang didapatkannya, sehingga si kecil akan menjadi lebih mudah dalam belajar.

Sejak dilahirkan kemampuan mengingat yang dimiliki anak akan terus mengalami perkembangan, serta dalam perkembangan kognitifnya menjadi salah satu bagian yang penting. Saat anak mulai sekolah, kemampuan daya ingatnya tentu dibutuhkan agar ia dapat dengan mudah mengikuti pelajaran di sekolahnya baik untuk menghafal huruf dan lain sebagainya. Selain itu, anak juga belajar mengingat tentang berbagai hal dalam kehidupan sehari-harinya. Hanya saja, setiap anak memiliki kemampuan daya ingat yang berbeda-beda. Namun, sebagai orangtua anda jangan khawatir, karena daya ingat anak bisa ditingkatkan dengan memberikannya stimulasi atau latihan. Tentunya cara ini harus orangtua pahami untuk membantu meningkatkan daya ingat anak.


Nah, untuk mengetahui cara meningkatkan daya ingat anak, anda dapat simak pada pembahasan di bawah ini.


Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Anak yang memiliki daya ingat yang kuat akan lebih cepat dalam belajar. Daya ingat itu sendiri merupakan proses dalam mempertahankan, menyimpan, serta mengingat hal-hal yang telah lampau. Daya ingat dalam jangka pendek hanya akan menyimpan fakta sekitar 5 menit. Sedangkan daya ingat jangka panjang seumur hidup. Anak akan mengingat hal-hal yang telah terjadi selama hidupnya. Dimana ingatan jangka panjang meliputi kebiasaan yang sering dilakukan seperti misalkan pengetahuan umum, kemampuan belajar, serta pengalaman pribadinya.

Nah, sebagai orangtua anda tentunya ingin anak memiliki daya ingat yang kuat. Untuk membantu meningkatkan daya ingat anak, anda bisa simak beberapa cara meningkatkan daya ingat jangka panjang anak seperti berikut ini.


Belajar Sambil Bermain

Bermain tentunya menjadi kegiatan yang disukai oleh anak-anak. Selain itu, bermain juga dapat menjadi cara meningkatkan daya ingat yang mudah dan paling anak sukai. Supaya perkembangan otak anak meningkat, anda bisa melakukan aktivitas menyenangkan bersama si kecil. Seperti misalkan mengajak anak bermain sambil belajar.

Untuk merangsang daya ingat anak, beberapa permainan yang bisa anda lakukan di antaranya yaitu mewarnai, puzzle, flash card, permainan dengan aneka warna dan bentuk, dan menempelkan huruf, gambar atau angka. Kegiatan ini tentunya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk si kecil. Di samping itu, si kecil juga sekaligus dapat belajar.


Melakukan Aktivitas Fisik

Berdasarkan berbagai penelitian menunjukan bahwa melakukan aktivitas fisik akan memberikan manfaat secara keseluruhan pada tubuh. Mengetahui seperti itu, di usia anak yang masih kecil anda bisa membiasakannya untuk aktif secara fisik. Anak yang melakukan aktivitas fisik akan mendapatkan banyak manfaat, beberapa di antaranya yaitu mengasah perkembangan otak, interaksi sosial, serta keterampilan geraknya.


Tidak hanya itu, dengan aktivitas fisik akan membantu memperkecil risiko anak mengalami obesitas sejak kecil. Anak akan dapat belajar dengan lebih efektif jika ia lebih aktif, baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan atau aktivitas fisik. Lakukan aktivitas yang menyenangkan dan sesuai dengan usianya. Selain dapat membantu meningkatkan daya ingat, anak juga akan mendapatkan manfaat baik lainnya dengan melakukan aktivitas fisik.


Mendongengkan Cerita

Saat waktu luang atau sebelum tidur anda bisa mendongengkan cerita pada anak. Dongengkan berbagai cerita yang menarik dan menyenangkan untuk si kecil. Setelah anda selesai mendongeng, anda bisa mengajak si kecil untuk mengingat kembali cerita yang anda dongengkan tadi, seperti misalkan nama tempat, nama tokoh dan lain sebagainya. Melakukan pengulangan seperti ini akan membuat anak terbiasa dalam mendengarkan, kemudian merekamnya dalam ingatan mereka.

Tidak harus dari buku dongeng saja, anda juga bisa menggunakan media lainnya untuk mengajak anak bercerita atau berdongeng seperti misalkan gambar yang dapat diganti maupun boneka tangan yang akan menarik perhatian si kecil.


Ajak Anak Bernyanyi Bersama

Untuk meningkatkan daya ingat anak, anda juga bisa mengajak anak untuk bernyanyi bersama dalam melakukan kegiatan tertentu. Untuk menambah semangat dan kegembiraan anak anda bisa mengajak anak untuk bertepuk tangan atau berjoget bersama.

Apabila kegiatan ini dilakukan dengan rutin, anak pastinya lambat laun akan menirukan lirik lagu serta nada yang sering dinyanyikan tersebut. Tidak hanya mengingat nyanyian saja, anak juga akan mengingat informasi yang terdapat dalam lagu. Nah, cara ini bisa anda coba lakukan untuk meningkatkan daya ingat si kecil. Selain menyenangkan, dengan nyanyian anak juga sekaligus dapat belajar.


Memancing Anak Agar Bertanya

Anda dapat memancing anak agar mau bertanya mengenai materi yang sedang dipelajari. Anda dan si kecil dapat mencari jawabannya bersama pada bukunya. Memerlukan trik untuk memancing anak supaya bertanya, terlebih lagi pertanyaan yang memiliki hubungan dengan pelajaran di sekolah.

Menemukan jawaban ketika anak mendengarkan atau membaca akan membantu meningkatkan memori mereka. Pasalnya, saat membaca anak akan memiliki tujuan yang spesifik, yakni untuk mencari jawaban dari apa yang ditanyakannya. Selain itu, setelah menemukan jawabannya yang tepat anak akan memiliki kepuasan tersendiri.


Belajar Menggunakan Cara yang Berbeda

Belajar dengan cara yang berbeda bisa anda coba untuk meningkatkan daya ingat anak. Belajar pada sebuah subjek dengan cara yang berbeda akan membuat belajar anak menjadi lebih berkesan. Sehingga akan membangun rangkaian sel saraf yang dapat membantu untuk mengingat, maupun mengakses informasi.


Belajar dengan cara berbeda yang bisa anda lakukan yaitu membuat drama sederhana, menceritakan kembali atau bermain tebak-tebakan.


Membuat Contoh

Buku maupun elemen pembelajaran sebagian besar dilengkapi dengan contoh agar anak-anak bisa lebih paham. Nah, jika si kecil sudah memahaminya anda bisa mencoba meminta si kecil untuk memberikan contohnya sendiri. Apabila ia kesulitan untuk menjelaskan kata demi katanya, biarkan si kecil menggunakan contoh untuk menjelaskannya pada anda.


Menggunakan Warna

Mungkin anda semua pernah mewarnai beberapa penjelasan dengan menggunakan spidol warna warni pada buku pelajaran ketika sekolah dulu untuk mengingat materi dengan mudah. Nah, anda juga bisa menerapkan cara ini pada si kecil, sebab cara ini cukup efektif.


Belajar di Lingkungan yang Berbeda

Agar proses belajar anak lebih menyenangkan anda bisa membiarkan anak untuk berinteraksi dengan berbagai aspek untuk mendapatkan pengalaman langsung. Misalkan, jika anak sedang belajar tentang aneka macam binatang, anda dapat mengajaknya ke kebun binatang. Sedangkan jika anda ingin mengajarkan anak tentang tanaman, anda bisa mengajak si kecil ke kebun, biarkan ia menjelajah. Untuk mengajarkan anak tentang sejarah, maka anda bisa mengajaknya ke museum.


Beri Kesempatan Pada Anak Menjadi Guru

Jika anda sudah mengajarkan tentang sesuatu pada anak, untuk melatih daya ingatnya anda bisa kembali meminta anak untuk mengajarkannya pada anda, teman atau kakaknya.


Berikan Kesempatan Pada Anak Untuk Beristirahat

Apabila anak merasa bosan atau tertekan dengan stimulasi yang anda berikan, maka sebaiknya anak diberikan kesempatan untuk beristirahat, serta membiarkannya melakukan kegiatan yang diinginkannya namun harus dengan pengawasan.

Ajak si kecil untuk berkomunikasi dan biarkan ia mengungkapkan keinginan dan perasaannya. Setelah itu, kesepakatan bisa anda buat dengan si kecil mengenai aktivitas yang disenanginya agar bisa dilakukan bersama. Dimana aktivitas yang disenangi oleh anak tersebut dapat dimodifikasi untuk membantu daya ingat anak.


Ciptakan Kegiatan di Tempat yang Tenang

Untuk meningkatkan daya ingat anak, anda bisa melakukan kegiatan ataupun permainan yang dapat membantu meningkatkan daya ingatnya di tempat yang tenang sehingga perhatiannya tidak akan teralihkan.


Cukupi Waktu Tidur Anak

Berdasarkan sebuah studi menunjukan bahwa salah satu kunci untuk mempertahankan daya ingat yaitu dengan mencukupi waktu tidur. Pasalnya, saat tidur hal-hal penting yang telah dipelajari akan disimpan oleh otak. Oleh karena itu, anda harus memastikan si kecil mendapatkan waktu tidurnya dengan cukup. Selain waktu tidur, pastikan juga si kecil mendapatkan tidur yang berkualitas. Si kecil harus mendapatkan waktu tidur sebanyak 11 hingga 13 jam dalam setiap harinya, termasuk waktu tidur siang.


Perhatikan Asupan Nutrisi Anak

Selain beberapa cara di atas, untuk meningkatkan daya ingat si kecil anda harus memperhatikan asupan nutrisinya. Asupan makanan yang bergizi memiliki peran yang penting untuk membuat daya ingat si kecil semakin meningkat.


Dalam menyiapkan makanan anak, anda jangan hanya mementingkan rasa saja, tanpa memperhatikan nutrisinya. Pastikan makanan yang anda berikan untuk anak mengandung gizi yang seimbang, serta kaya akan kandungan vitamin, asam lemak esensial, asam folat, zat besi dan seng yang akan dapat membuat fungsi otak terangsang sehingga bermanfaat untuk daya ingatnya.


Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anak

Daya ingat dan fokus belajar yang baik tentunya bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Selain melakukan cara-cara di atas untuk meningkatkan daya ingat anak, juga dapat ditunjang dari asupan maknan yang dikonsumsi oleh si kecil.

Sebagai orangtua anda bisa menyediakan makanan dengan kandungan gizi yang baik yang akan membantu meningkatkan daya ingat serta fokus si kecil. Ada beberapa makanan yang diketahui dapat meningkatkan daya ingat anak seperti berikut ini.

  • Salmon

Salmon dapat menjadi asupan lemak sehat bagi anak. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang diperlukan bagi pertumbuhan, serta menjaga fungsi otak. Anda bisa memasukan salmon ke dalam menu harian si kecil.

  • Selai Kacang

Selai kacang mengandung banyak nutrisi, beberapa di antaranya yaitu vitamin E yang bermanfaat untuk melindungi selaput otak dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi. Selain itu juga sebagai antioksidan, serta vitamin B yang bermanfaat untuk membantu metabolisme lemak, serta protein yang diperlukan untuk menyuplai energi untuk otak.

  • Telur

Telur kaya akan kandungan protein. Pada bagian kuning telur terkandung kolin yang bermanfaat untuk mengembangkan daya ingat. Telur yang diolah dengan cara direbus hingga matang akan dapat memberikan energi untuk otak.

  • Sayuran

Untuk menjaga sel-sel otak supaya tetap sehat aneka sayuran berwarna warni seperti wortel, brokoli, bayam dan lain sebagainya dapat membantu. Sayuran tinggi akan kandungan vitamin dan antioksidan. Selain itu, kandungan serat, serta karbohidrat kompleks bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah serta membuat kinerja otak menjadi lebih baik.

  • Oatmeal

Glukosa dibutuhkan otak lebih banyak sebagai bahan bakar untuk bekerja. Glukosa itu sendiri bisa anda temukan pada biji-bijian utuh seperti gandum pada oatmeal yang akan memberikan energi, namun mencegah terjadinya lonjakan gula darah dengan drastis. Apabila pasokan energi menjadi lebih stabil akan membuat anak lebih fokus ketika ia sedang belajar.

  • Produk Susu

Sama seperti telur, produk susu merupakan makanan dengan kandungan yang lengkap. Beberapa kandungan pada produk susu di antaranya yaitu karbohidrat yang dibutuhkan untuk energi, vitamin B yang bermanfaat untuk mendukung metabolisme, protein dan vitamin D yang berdasarkan studi dapat membantu kerja proses neurotranmitter pada otak.


  • Buah Berry

Buah berry ternyata bermanfaat untuk memberikan energi, serta antioksidan alami. Selain itu, biji buah berry bermanfaat untuk kesehatan otak karena mengandung omega 3.

  • Daging Sapi

Daging sapi juga termasuk salah satu makanan yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Dalam memilih daging sapi, pastikan anda tidak memilih daging sapi dengan kandungan lemak yang banyak. Daging sapi kaya akan kandungan mineral esensial yang didapatkan dari besi, serta seng. Dimana kandungan mineral ini dipercaya akan membuat konsentrasi otak bekerja dengan baik.


Selain itu, makanan dengan beberapa kandungan di bawah ini juga dapat membantu menambah daya ingat anak.

Makanan dengan Kandungan Lemak Baik

Supaya membran sel berfungsi dengan baik, lemak alami dibutuhkan oleh otak. Sehingga makanan dengan kandungan lemak baik bisa anda masukan ke dalam daftar makanan si kecil.


  • Lemak baik yang dimaksud terdiri dari lemak tak jenuh tunggal yang bisa didapatkan dari selai kacang, biji-bijian, minyak zaitun dan alpukat.

  • Asam lemak esensial, yakni omega 3 dan omega 6. Makanan dengan kandungan omega 3 di antaranya yaitu biji-bijian, kacang-kacangan, telur ayam kampung, daging hewan dan lain sebagainya. Sedangkan asam lemak omega 6 didapatkan dari daun hijau, biji rami, udang, tiram, dan lain sebagainya.

  • Lemak jenuh alami yang didapatkan dari kuning telur, krim, mentega dan minyak kelapa.


Makanan yang Mengandung Anthocyanin & Querecetin

Berdasarkan studi menunjukan, anthocyanin & querecetin dapat membuat kekuatan kognitif anak meningkat. Anda dapat memasukan makanan seperti beri, anggur merah, anggur ungu, anggur hitam, terong, apel merah, brokoli, kangkung, blueberry dan lain sebagainya pada menu makanan anak.


Makanan dengan Kandungan Kolin

Kolin bermanfaat untuk menstimulasi otak, serta bermanfaat untuk mengembangkan memori anak. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan kolin di antaranya yaitu minyak ikan, telur, kedelai, hati, mentega, kacang tanah, kembang kol, kentang, oat, lentil, biji rami dan biji wijen.


Berbagai kiat bisa dilakukan oleh orangtua untuk meningkatkan daya ingat anak. Anda harus memberikan waktu pada anak untuk berkembang sesuai dengan kecepatannya. Pastikan anda juga tidak membanding-bandingkan anak dengan teman-temannya. Setiap anak itu cerdas. Agar bakatnya dapat terasah dibutuhkan rangsangan serta lingkungan yang tepat.


Nah, beberapa informasi mengenai cara meningkatkan daya ingat anak, serta beberapa makanan untuk daya ingat anak seperti yang sudah kami jelaskan di atas diharapkan dapat membantu anda. Namun, untuk mendapatkan penjelasan yang lebih jelas dan lengkap, anda bisa melakukan konsultasi pada ahlinya.