Ponsel 5G Pertama dari Xiaomi , Redmi 10 5G Mulai Dipasarkan

#Tags

 Xiaomi baru saja merilis ponsel baru untuk model Redmi 10 5G di Indonesia. Yang menarik adalah, Redmi 10 5G merupakan produk seri Redmi pertama yang mendukung jaringan 5G di Indonesia.

Redmi 10 5G dibekali chipset MediaTek Dimensity 700 dengan manufaktur 7nm, CPU Octa-core dengan kecepatan hingga 2.2 GHz, serta GPU ARM Mali-G57 MC2.

Pada sistem penyimpanan dilengkapi dengan kehadiran LPDDR4X RAM + UFS 2.2 storage dengan Write Booster. Hal itu diklaim bisa menunjang performa unduh dan respons berbagai aplikasi. Selain itu, gadget ini sudah dilengkapi dengan slot untuk dua sim card yang keduanya bisa menjangkau jaringan 5G. Untuk pengisian daya dilengkapi 18W fast charging dan telah dilengkapi 22.5W in-box charger dalam paket penjualan yang dapat dikoneksikan melalui port USB-C.

Baterai dilengkapi dengan kapasitas 5000 mAh. Xiaomi mengklaim bisa dipakai untuk mendengarkan musik selama 189 jam serta menonton video selama 22 jam.  Beralih ke audio dan visual,Redmi 10 5G disuguhkan layar FHD+ Dot Drop LCD berukuran 6.58 inci, serta memiliki resolusi 2408x1080 dan gaspol refresh rate hingga 90Hz.

Layar Redmi 10 5G dilengkapi teknologi  adaptive Sync, sehingga diklaim mampu menyesuaikan refresh rate sesuai kondisi pemakaian. Sementara dari sisi audio, Redmi 10 5G telah memiliki Hi-Res Audio certification untuk kualitas suara yang kencang dan jernih.

Untuk fasilitas kamera, Xiaomi membekali kamera utama 50MP dengan bukaan lensa f/1.8. Ada pula 2MP depth camera dengan bukaan lensa f/2.4 untuk memberikan kepuasan foto dengan efek bokeh.

Bagian kamera depan Redmi 10 5G memiliki kamera 5MP dengan bukaan lensa f/2.2, sehingga pengguna bisa menikmati video call yang lancar berkat dukungan jaringan 5G serta kualitas gambar yang diklaim jernih.

Untuk rasa aman bagi pengguna, Redmi 10 5G diberikan proteksi yaitu dilengkapi Corning Gorilla Glass 3 pada bagian layar depan, sehingga semakin aman terhadap goresan. Di samping itu, Redmi 10 5G juga telah dilengkapi sejumlah fitur dan teknologi seperti, side fingerprint sensor, dan AI face unlock.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 5G

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 10 5G

Xiaomi Redmi Note 10 5G merupakan HP terjangkau dengan fitur-fitur yang premium. Berikut adalah beberapa kelebihannya yang menarik untuk disimak:

1. Dual SIM yang Mendukung 5G

Xiaomi Redmi Note 10 5G dilengkapi oleh slot Dual SIM dan mendukung penggunaan konektivitas 5G. Dengan 5G, koneksi internet kamu tentu akan semakin cepat.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki fitur Smart 5G Power Saving. Fitur ini dapat mengubah konektivitas ponsel kamu antara 4G dan 5G secara otomatis tergantung pemakaian kamu, sehingga membuat konsumsi daya 30% lebih efisien dibanding ponsel 5G lainnya.

2. Layar 90Hz + Proteksi Gorilla Glass

Layar dari Xiaomi Redmi Note 10 5G yang dapat menghasilkan kualitas warna dan tingkat kecerahan memuaskan. Refresh rate 90 Hz juga membuat layarnya tampak sangat mulus. Kamu bisa atur refresh rate untuk berganti secara otomatis tergantung kebutuhan.

Selain itu, layarnya juga dilengkapi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 3. Lapisan ini membuat layar perangkat lebih tahan terhadap goresan.

3. Chipset 'Ganas' Dimensity 700

Xiaomi Redmi Note 10 5G dilengkapi oleh chipset MediaTek Dimensity 700 berfabrikasi 7nm. Sebagai ponsel kelas menengah, chipset ini sudah cukup bertenaga untuk memastikan kenyamanan ponsel ini untuk kegiatan sehari-hari.

Jika kamu sering menggunakan HP untuk gaming, chipset ini juga kuat untuk bermain beberapa game dengan pengaturan grafis paling tinggi. Hadirnya teknologi manufaktur 7nm juga membuat device lebih efisien.

4. Memori dan RAM yang besar

Varian RAM yang tersedia pada Xiaomi Redmi Note 10 5G adalah 4GB dan 8GB. Dengan RAM 8GB, pengalaman gaming kamu tentu akan lebih mulus dan menyenangkan.

Ponsel ini juga tersedia dengan memori yang cukup besar yakni 128GB. Kalaupun kamu masih belum puas dengan kapasitas tersebut, kamu bisa menambahkannya dengan microSD tambahan.

5. Desain Elegan dan Beda

Desain dari Xiaomi Redmi Note 10 5G tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya dan tetap tampil elegan. Bagian belakang dari ponsel ini terbuat dari plastik polikarbonat, sehingga lebih tahan terhadap bekas sidik jari.

Bobot dari ponsel ini juga cukup ringan dengan bobot 190 gram. Dengan dimensi 161,8 x 75,3 x 8,9 mm, ponsel ini cukup nyaman untuk digenggam dan digunakan dengan satu tangan.

6. Baterai Besar dengan Fast Charging

Baterai yang diusung oleh Xiaomi Redmi Note 10 5G memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni 5.000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, kamu tidak perlu khawatir kehabisan daya dalam pemakaian sehari-harimu.

Jika pemakaian ponsel kamu cukup banyak, kamu juga tidak perlu khawatir. Ponsel ini juga dilengkapi oleh fitur fast charging yang mencapai 18W.

7. Fitur NFC dan Infrared

Fitur konektivitas dari Xiaomi Redmi Note 10 5G juga cukup lengkap. Ponsel ini hadir dengan fitur NFC, yang memungkinkan kamu untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik. Infrared pun hadir untuk membantumu mengontrol perangkat elektronik seperti AC atau TV.

8. Kualitas Kamera Cukup Baik

Xiaomi Redmi Note 10 5G dilengkapi oleh 3 kamera belakang dan 1 kamera depan. Kamera utama belakang memiliki resolusi 48 MP, ditemani oleh kamera makro 2 MP dan depth sensor 2 MP.

Foto yang dihasilkan dari ponsel ini cukup tajam untuk ponsel kelas menengah dan warna yang dihasilkannya juga cukup natural. Mode malamnya pun juga dapat menghasilkan gambar yang cukup terang.


Kekurangan Xiaomi Redmi Note 10 5G

Dari segi nama, Xiaomi Redmi Note 10 5G tampak sangat mirip dengan generasi sebelumya. Namun dengan hadirnya fitur 5G, ada beberapa fitur lainnya yang berkurang, seperti:

1. Slot SIM Hybrid Saingan Dengan Memory Card

Hadirnya slot Dual SIM memungkinkan penggunaan dua nomor berbeda. Namun, jika ingin menambahkan kartu microSD, kamu harus mengorbankan salah satu kartu SIM. Ini tak jadi masalah besar, karena memori yang tersedia terbilang cukup yakni 128GB.

2 Tidak Dilengkapi Layar AMOLED

Layar dari Xiaomi Redmi Note 10 5G tidak dilengkapi oleh panel AMOLED seperti Redmi Note 10 versi 4G. Ini bisa dikatakan sebagai sebuah penurunan. Walaupun ponsel ini tidak memiliki panel AMOLED, layarnya sudah dilengkapi refresh rate 90Hz yang membuatnya lebih mulus saat menyuguhkan konten.


Harga  Redmi 10 5G dan ketersediaan



Xiaomi memberikan tiga pilihan warna  yaitu Graphite Gray, Chrome Silver dan Aurora Green.

Sementara dari sisi penyimpanan, smartphone ini memiliki dua varian RAM, yaitu 4GB atau 6GB, dengan RAM yang dapat ditambah hingga 2GB dengan fitur ekspansi RAM.

Kedua varian RAM tersebut juga hadir dengan memori internal 128GB, dan telah tersedia slot Micro SD dengan expandable storage hingga 512GB.

Ponsel Redmi 10 5G ini dibanderol dengan harga Rp2,799 juta untuk varian 4GB/128GB, dan Rp2,999 juta untuk varian 6GB/512GB, Selasa (2/8).

Bagi yang hendak memesan bisa membelinya mulai 8 Agustus 2022 melalui penjualan online maupun offline di official store Xiaomi Indonesia.


Spesifikasi Redmi 10 5G

  • Dimensi : 163.99 x 76.09 x 8.9 mm
  • Layar : FHD+ Dot Drop LCD 6.58 inci
  • Processor : MediaTek Dimensity 700
  • RAM : 4GB dan 6GB
  • Storage Internal : 128GB dan 512GB
  • Kamera Belakang : 50MP f/1.8, 2MP f/2.4
  • Kamera Depan : 5MP f/2.2
  • Kartu SIM : Dual Sim Card 5G
  • Fitur : Finger Print, slot Micro SD, USB-C, jack audio 3.5mm
  • Baterai : 5.000 mAH
  • Konektivitas : 3G, 4G, 5G
  • Warna : Graphite Gray, Chrome Silver dan Aurora Green