Surat Ayat Kursi : Manfaat / Keutamaan Ayat Kursi, Tulisan Arab, Tulisan Latin, Dan Terjemahan

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Seluruh umat muslim tentu tahu bahwa ada satu bacaan di dalam Alquran yang sangat penting dan harus diamalakan. Bacaan itu adalah Ayat Kursi. Ayat Kursi sendiri merupakan salah satu ayat dalam Alquran surah Al Baqarah ayat 255. Ayat ini memiliki banyak keutamaan. Rasulullah menerangkan berbagai keutamaan ketika dibaca di berbagai kesempatan, seperti termaktub dalam beberapa hadits.


Manfaat / Keutamaan Ayat Kursi

Ayat Kursi ini punya 3 keutamaan sebagai berikut :

1. Sebagai wasilah untuk masuk surga 

Keutamaan ini diperoleh dengan membaca Ayat Kursi di setiap selesai shalat wajib. Oleh sebab itu, jangan lewatkan untuk berdzikir, berdoa, dan tidak melewatkan bacaan Ayat Kursi setelah salam pada shalat. Dari Abu Umamah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga melainkan kematian.”
(HR. An Nasâi)

2. Mendapat penjagaan Allah di waktu tidur

Setiap muslim yang membaca Ayat Kursi sebelum terlelap di malam hari, akan mendapatkan jaminan penjagaan dari Allah. Setan tidak mampu menggodanya hingga waktu subuh tiba. Sebagaimana dikutip Pustaka Lajnah Kemenag, sebuah hadits datang dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu. Dia berkata, “Rasulullah menugaskan kepadaku untuk menjaga zakat di bulan Ramadhan. Kemudian seseorang datang kepadaku dan mencuri dari makanan (zakat) ….” Di akhir hadits, pencuri itu berkata: ”Bila engkau hendak tidur, maka bacalah ‘Ayat Kursi’ karena penjagaan dari Allah akan terus bersamamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai Subuh”. Kemudian Nabi berkata: “Dia telah berkata benar kepadamu, walau ia pendusta. Ia adalah setan.”

[HR al-Bukhâri, 2311].

3. Melindungi muslim sepanjang hari jika dibaca saat pagi dan petang 

Ayat Kursi turut menjadi pelindung bagi setiap muslim yang membaca di pagi dan petang sebagai bagian dari dzikir. Jika dibaca pagi, maka dia dilindung Allah hingga petang. Kalau dibaca sore, maka Allah melindunginya sampai pagi. Dasar tuntutannya merujuk pada hadits Ubay bin Ka'ab, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,"“Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.”

(HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani mensahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655).

Untuk itu, membaca ayat Kursi ini sangat penting bagi kita yang senantiasa mengharap perlindungan dari Allah SWT. Berikut bacaan ayat kursi atau ayat ke-255 surah Al Baqarah lengkap dengan arti dan cara membacanya.

Sementara itu, Syaikh bin Baz rahimahullah mengatakan, Ayat Kursi adalah ayat yang agung. Ayat ini memiliki keutamaan dalam kitab Allah dan mengandung unsur ketauhidan serta keikhlasan kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Dan, apabila Ayat Kursi dibaca setiap selesai shalat, maka orang yang membacanya akan terjaga dari kejahatan termasuk saat dibaca ketika hendak tidur.

Bacaan Ayat Kursi atau Surat Al Baqarah ayat 255

surat ayat kursi


Tulisan Arab Ayat Kursi

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ

 يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ 

حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Tulisan latin Ayat Kursi

"Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim”

BACA JUGA :

Tiga Waktu Utama Untuk Membaca Ayat Kursi 

Ayat Seribu Dinar : Pengertian, Tulisan latin, Arti, Keutamaan dan Waktu Mustajab Baca Ayat Seribu Dinar

 

Terjemahan Ayat Kursi

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”
(QS. Al Baqoroh: 255)