Memanfaatkan Fitur Voice Typing dalam Google Docs

#Tags

Bogor, halamanbogor.com -- Beragam fitur dikembangkan oleh Google untuk para penggunanya. Hal itu tak lain untuk mempermudah pengguna dalam menjalankan aktifitas mereka. Dalam bidang pekerjaan, kita sering memanfaatkan Google Docs dalam mengolah pengetikan kita. Salah satu fitur yang saat ini dikembangkan dan dibangun oleh Google docs adalah Voice Typing.  
 
Voice Typing merupakan fitur yang dibangun di Google Documents dan Google Slide yang memungkinkan kita mengetik dan mengedit dengan mengeluarkan suara kita. Melalui fitur ini, kita tidak perlu menginstal add-on pihak ketiga untuk membantu dalam mengetik suara. Fungsi dalam fitur ini terintegrasi dengan sangat mudah. Kita hanya membutuhkan alat atau device tambahan seperti mikrofon dan browser Chrome.

Beberapa fitur luar biasa yang disediakan oleh Voice Typing adalah kemampuan dalam memperbaiki kesalahan saat pengetikan suara tanpa harus mematikan mikrofon. Kita hanya cukup mengklik kesalahan dan memperbaikinya. Untuk melanjutkan pengetikan suara, Kita perlu mengembalikan kursor ke tempat yang Anda tinggalkan sebelumnya. Saat Anda mengetik suara, Kita juga akan melihat beberapa kata yang diarsir dalam warna abu-abu, mengklik kanan pada kata-kata ini akan memunculkan daftar saran untuk dipilih. 

Selain itu, Voice Typing memungkinkan kita untuk menambahkan tanda baca pada teks dengan menggunakan frasa dan perintah suara seperti: jeda, koma, tanda seru, baris baru,  serta paragraf baru.

Berikut tutorial lengkap cara mengaktifkan voice typing untuk dapat mengetik menggunakan suara di Google Docs: 
  1. 1.Persiapkan mikrofon terlebih dahulu. 
  2. Untuk dapat membuat dokumen di Google Docs, kamu harus memiliki akun Google. Silakan login dulu akun Google kamu di browser atau di ponsel yang sedang kamu gunakan.
  3. Buat dokumen baru dengan cara masuk lewat link berikut ini: https://docs.google.com/document/create.
  4. Arahkan kursor atau klik menu Tools di bagian atas jendela aplikasi dan pilih menu Voice Typing. Untuk lebih memudahkan, kamu dapat juga menggunakan pintasan cepat dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + S secara bersamaan di keyboard laptop/PC yang kamu gunakan


Saat gambar Microphone muncul, silahkan klik icon tersebut,dan ketika selesai, klik kembali gambar tersebut.
  1. Izinkan akses mikrofon jika muncul notifikasi di bagian atas browser, hal ini diperlukan agar Google Docs dapat menerima suara yang kamu ucapkan.
  2. Pilih bahasa dari voice typing, kamu dapat memilih beragam bahasa seperti Inggris, Arab, dan juga Indonesia sesuai dengan kalimat yang ingin kamu tulis di dokumen tersebut.
  3. Ketuk icon speaker yang berwarna hitam hingga berubah menjadi warna merah. Jika sudah, kamu sudah dapat langsung mengetik menggunakan suara, silakan ucapkan kalimat yang ingin kamu tulis di dokumen dan kamu bisa langsung melihat tulisan tersebut di layar Google Docs. 
  4. Untuk memudahkan proses pengenalan suara, pastikan kamu berbicara dengan jelas.

Kendala Voice Typing Tidak Terlihat di Google Docs

Tidak semua orang berhasil mengaktifkan fitur Voice Typing di Google Docs karena opsi voice typing terkadang tidak muncul jika akun Google kamu masih menggunakan bahasa Indonesia. Solusinya, ubah bahasa akun Google kamu menggunakan bahasa Inggris dengan mengikuti petunjuk pengaturan berikut ini:
  • Buka pengaturan akun Google di tautan berikut: https://myaccount.google.com/
  • Masuk ke menu Data & Personalization (Data & personalisasi)


  •  Scroll ke bagian bawah hingga muncul menu Bahasa
  • Ganti bahasa yang kamu gunakan menjadi Inggris dengan lokasi US (United States)
  • Buka kembali Google Docs dan buat dokumen baru
  • Fitur voice typing di Google Docs (Word) sudah bisa kamu pakai

Sangat menarik bukan fitur mengetik menggunakan suara di Google Docs ini?