5 LOKASI CURUG DI KEC. BABAKAN MADANG, KABUPATEN BOGOR

#Tags

 Bogor, halamanbogor.com - - Sering mendengar kata "curug" ? Curug merupakan kata dalam bahasa Sunda yang artinya "air terjun".

Tapi di daerah Sunda banyak daerah atau tempat yang dinamai "Cicurug", padahal kata "ci" atau "cai" artinya adalah air. Jadi, cicurug artinya adalah cai curug atau "air air terjun". Banyak daerah atau tempat di wilayah Jawa Barat atau Sunda yang diberi nama "ci". Itulah sebabnya meskipun curug artinya adalah "air terjun", tetapi untuk nama sebuah daerah atau wilayan yang mengandung kata "curug" akan lebih tepat diberi awalan "ci", seperti kebanyakan nama-nama tempat di daerah Sunda.

Curug Cibaliung. Sumber :

Meski demikian, ada pula nama tempat untuk menyemput nama air terjun, cukup dengan Curug ditambah nama air terjunnya.

Di Kabupaten Bogor saja, banyak sekali air terjun, sehingga banyak pula lokasi dengan nama curug. Lokasi air terjun ini, meski lokasinya agak sulit dikunjungi, namun pasti tetap ada pengunjungnya.

Bukan apa-apa, pemandangannya yang indah, suasana alami, menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi banyak yang menampilkan foto-foto terbaik lokasi air terjun tersebut di instagram. 

Nah, di antara banyak kecamatan di Kab. Bogor, ada yang unik. Salah satunya kecamatan Babakan Madang.  Dalam 1 kecamatan ada banyak sekali lokasi wisata air terjun. Nah, sebagai bukti berikut ini adalah daftar lokasi air terjun atu curug di Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor.


1. Curug Bidadari Sentul

Curug Bidadari Sentul. Sumber : IG @aderahardjo

 
Lokasi air terjun ini merupakan curug yang mempunya akses yang mudah dicapai. Keindahan alami curug di alam pegunungan dan perbukitan asi, menjadi favorit keluarga yang ingin berwisata alam.

Air terjun ini dulunya mempunyai nama Curug Bojong koneng, sesuai nama lokasi desa tempat curug ini ada. Air terjunnya memiliki ketinggian 40 meter.

Airnya jernih dan memancarkan kesegaran karena berasal dari kumpulan mata air hutan lindung.

Alamat : Jln. Sentul Paradise Park, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang


2. Curug Ciburial, Curug Hordeng, dan Curug Hordeng

Jika berjalan - jalan ke desa Karang Tengah, Anda bisa menemukan 3 lokasi curug dalam 1 area yang tidak terlalu jauh. Ya, kebetulan ada curug Ciburial, Curug Hordeng, dan curug Hordeng dalam 1 kawasan. 

Pemandangan Curug Ciburial. Credit Foto : @sanusi_uchiha

Sebisa mungkin gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman, dan membawa baju ganti, karena jalurnya cukup menantang.   Meski lelah, semua akan terbayar dengan pemandangan yang indang.

Alamat : Desa Karang Tengah Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor

3. Curug Cibaliung


Curug Cibaliung. Sumber :

Daftar curugnya belum selesai. Kali ini air terjun Cibalung, yang menjadi salah satu curug yang terdalam di Bogor.

Jika Anda membutuhkan ketenangan, maka tempat ini cocok untuk Anda. Lokasi wista air terjun ini sepi dan alami. Selain itu, curug Cubaliung terkenal dengan kejernihan airnya.

Bayangkan duduk sebentar setelah menikmati dinginnya air, lalu memandang ke sekeliling yang penuh dengan pepohonan yang rimbun.

Alamat : Kampung Wadung, Desa Karang Tengah,  Kec. Babakan Madang

4. Curug Leuwi Liuek dan Curug Leuwi Hejo

 

Curug Leuwi Liuek. Sumber : IG acel_kekel_andreas

 Lewui Liuek adalah keajaiban alam berikutnya. Populer karena keindahannya. Semua kesulitan saat mencapai lokasi ini, pasti sepadan.

Kebetulan lokasi curug Leuwi Lieuk dan curug Leuwi Hejo berada dalam 1 wilayah, sehingga kamu bisa berwisata ke dua curug dalam 1 hari.

Keduanya memilik air yang jernih berwarna biru kehijauan. Sehingga ada sebutan sebagai kembaran lokasi "Green Canyon Pangadaran"/

Sama seperti green canyon, maka banyak tebing-tebing batu di sekeliling lokasi wisata air terjun ini.

Alamat : Kampung Wangung Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang


5. Curug Putri Kencana

 

Curug putri kencana. Sumber : @asepshidayat_


Lokasi wisata air terjun Putri Kencana juga masih di Desa Karang Tengah.Dekat dengan pemukiman penduduk,dan dilengkapi dengan banyak aktivitas seru yang disediakan pengelola seperti permainan air, berkeman, lompat dari tebing, dan body rafting.

Nama air terjun ini diambil dari mitos noni yang berpakaian bangsawan Belanda yang kerap menampakkan diri di sini.

Pemandangannya, tentu saja menakjubkan.

Alamat : Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, kab. Bogor