Kios di Proyek Rest Area Gunung Mas Diprioritaskan Untuk Warga Lokal

#Tags

Proyek rest area gunung mas merupakan bagian dari paket pelebaran jalan raya puncak Bogor oleh kementerian PUPR. Saat ini masih berstatus dalam pengerjaan. Pemerintah menargetkan, rest area dapat rampung akhir tahun ini. Hal tersebut, sebagai upaya untuk penataan terutama pedagang kaki lima (PKL).

Tampak Atas Rest Area Gunung Mas , Sumber : FB Puncak Cisarua Bogor

Pemkab Bogor belum lama ini menyatakan proyek pembangunan ratusan kios di Rest Area Gunung Mas Puncak, dipastikan akan selesai tepat waktu. Hal ini disambut gembira oleh banyak pihak sekaligus permintaan supaya proyek tersebut berdampak positif bagi warga lokal.

Pemerintah Desa Tugu Selatan mewanti-wanti, agar pembangunan tersebut dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar yakni membuka lapangan pekerjaan.

Pemkab Bogor sendiri  juga memastikan pedagang yang akan mengisi 516 kios tersebut adalah warga yang berdomisili sekitar Cisarua. Hal ini untuk menghindari kejadi selama ini dimana,  sebagian besar PKL yang berada di Jalur Puncak bukanlah warga asli Kabupaten Bogor.


Sementara itu, Camat Cisarua Deni Humaedi menyatakan siap melaksanakan tugas pendataan dan survey para calon PKL yang akan mendapatkan kios di Rest Area Gunung Mas Puncak.

“Kami akan pastikan bahwa PKL tersebut bukan hanya ber-KTP Cisarua, tetapi memang rumahnya di Cisarua. Apabila kami menemukan PKL ber-KTP Cisarua tetapi tinggalnya di Kabupaten Cianjur atau non-Kabupaten Bogor lainnya maka akan kami coret dari daftar PKL yang akan mendapatkan kios,” ujarnya.

Prosed ini diharapkan bisa memngurangi angka pengangguran yang mencapai 300.000 di Kabupaten Bogor.