Air Dari Perumda Tirta Pakuan Keruh, Penyaluran Ke Banyak Daerah di Kota Bogor Bermasalah

#Tags

Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Bogor membuat pasokan air bersih di Kota Bogor mengalami gangguan. Hal itu setelah terjadi masalah pada sistem pengolahan air bersih. Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor mengaku akan mengupayakan pasokan air bersih ke rumah-rumah pelanggan kembali pulih secara bertahap.


Operator Intake Ciherang Pondoh Membersihkan Sampah Screen Mate Sumber : perumdatirtapakuan

Sistem pengolahan air baku di Intalasi Penfolajan Air (IPA) Dekeng, Cipaku dan Katulampa sempat terganggu pada Senin (21/9/2020), karena kekeruhan air baku mencapai 2000 NTU dari kondisi normal 50 NTU. Petugas harus mengatur debit air baku di instalasi pengolahan agar bisa diolah menjadi air bersih sesuai standar Kementerian Kesehatan di bawah 5 NTU.  Pengaturan ini membuat debit air bersih ke reservoir Cipaku, Pajajaran, Merdeka dan Katulampa tidak pada posisi ideal.


Akibatnya, debit air bersih ke pelanggan di zona 3 dan 4 berkurang tekanannya. Pelanggan di zona 3 dan 4 (sebagian Bogor Timur, sebagian Bogor Seltan, Bogor Utara, Bogor Barat, Bogor Tengah dan Tanah Sareal) mengalami gangguan pasokan sejak Selasa pagi.

Manager Humas dan Pelayanan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Soni Hendarwan, mengungkapkan permohonan maaf atas gangguang pasokan dan kekeurhan air di zona 3 dan 4. 


Beberapa pelanggan di wilayah Kel Curug Kec Bogor Barat, Cipaku Bogor Selatan dan daerah lainnya, air sudah mengalir normal per tanggal 23 September 09.30.

Meski demikian, pihak Tirta pakuan  mengimbau kepada pelanggan agar tetap menampung air, karena petugas masih melakukan upaya normalisasi jaringan untuk menguras jaringan pipa distribusi sekaligus membuang udara yang terjebak di dalam pipa. 

 Soni pun mengimbau masyarakat di daerah hulu agar tidak membuang sampah ke sungai karena akan berdampak pada kualitas dan kuantitas air baku yang masuk ke intake Ciherang Pondoh, Cipaku dan Pasir Angin.

Tirta Pakuan, tambah Sony sudah menyiagakan armada tangki untuk menyuplai air ke pelanggan terdampak gangguan. Pelanggan bisa menghubungi Call Center di nomor 0251-8324111 dan chat WA 08111182123.


Untuk update informasi, silakan juga follow akun media sosial tirta pakuan. Instagram @perumdatirtapakuan, Facebook Perumda Tirta Pakuan, dan Twitter @perumdatpkb.