Sirkuit Sentul

#Tags


Sirkuit Sentul (Saya agak malas menambah kata Internasional) adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di desa Sentul, kecamatan Babakan Madang, kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Sampai saat ini masih menjadi satu satunya sirkut internasional di Indonesia.

Usaha dalam membangun sirkuit Formula Satu kedua di Asia setelah Jepang adalah di Indonesia, ketika Hutomo Mandala alias Tommy Suharto, Putra presiden Republik Indonesia Soeharto - mempelopori pembangunan sebuah sirkuit di Sentul.

Dengan panjang 4,12 kilometer, Sirkuit Sentul diharapkan  menjadi internasional,  menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penyelenggara Formula Satu, hingga akhirnya pada tahun 1997, krisis moneter di Asia menyebabkan hal tersebut menjadi tidak mungkin dilaksanakan. Rampung pada tahun 1994, fasilitas yang ada kini telah sedikit tertinggal oleh perkembangan zaman, hingga menyebabkan ia memenuhi standar menyelenggarakan ajang yang super cepat sekelas F1.

Setidaknya sirkuit ini mengalami masa emas saat penyelenggaraan MotoGP pada tahun 1996 dan 1997. Oh ya, Valentinno Rossi juara di sirkuit ini pada kelas 125 cc.  Lama terkubur, sirkuit sentul bangkit lagi dan dipakai untuk kejuaraan Formula Asia F3, dan A1 Grand Prix. Sayangnya A1 Grand Prix yang digadang gadang bakal menjadi pesaing F1, ternyata tidak bisa melanjutkan kiprahnya. Sirkuit Sentul yang diharapkan jadi sikuit internasional pun hanya jadi lintasan untuk balap go-kart, balap motor bebek, dan drag race.Sampai sejauh ini, Indonesia hanya bisa bermimpi mempunyai sirkuit yang bisa mengalahkan Sirkuit Sepang di Malaysia :(, belum lagi kini Thailand sudah punya Buriram International Circuit (BRIC).



Data sirkuit Sirkuit Sentul

Panjang lintasan: 4,12 km (2,56 mil)
Lebar lintasan : 15 m
Lintasan lurus terpanjang: 900 m
Lisensi sirkuit FIA tingkat 2.
50 garasi pit
2 tribun duduk tertutup

Fasilitas

Lintasan Grand Prix (ilustrasi kanan atas)
Motocross, Autocross dan Sirkuit Go-Kart
Hotel internasional bintang tiga
Bungalow
Lapangan golf internasional
Restoran
Pusat rekreasi